Rektor Anyar UNS Berkibar Menyinari Semesta

Print Friendly and PDF

Rektor Anyar UNS Berkibar Menyinari Semesta

Oleh: Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS & Penggiat Literasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube/Tiktok: M. Rohmadi Ratulisa


Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.


"Kawan, berbahagialah saat semesta bercerita dan berbagi keceriaan kala senja untuk seluruh umat di dunia"


       Alhamdulillah, panitia pemilihan Rektor UNS dan Majelis Wali Amanah (MWA) UNS akhirnya  menetapkan Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si.  sebagai Rektor UNS periode 2024-2029 pada tanggal 18 Juli 2024. Semoga dengan terpilihnya Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si. sebagai Rektor UNS akan menjadi nahkoda keluarga besar UNS sehingga dapat berkibar menyinari dunia. Sesuai dengan tagline panitia pemiliahan Rektor UNS tahun 2024  “Rektor Anyar UNS Berkibar” dengan terpilihnya Rektor UNS yang ditetapkan tanggal 18 Juli 2024 dan insyallah akan dilantik tanggal 8 Agustus 2024.  Rektor UNS ini terpilih setelah tadinya ada 5 calon  rektor kemudian  menjadi 3 calon, antara lain: (1) Prof. Dr. Fitri Rahmawati, M.Si., (2) Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si., dan (3) Prof. Dr. Muhtar, M.Pd.  dan akhirnya tanggal 18 Juli 2024 menjadi satu, yaitu Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si sebagai Rektor UNS terpilih. Selamat menjalankan tugas dan mengemban Amanah untuk mempimpin UNS 5 tahun ke depan agar terus berkibar dan menyinari dunia untuk Prof. Dr. Hartono, dr. M.Si yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit UNS.

       Berdasarkan sejarah lahir dan perkembangan UNS sejak 11 Maret 1976 sampai hari ini, perjuangan untuk meletakkan pondasi dasar UNS yang diinisiasi para sesepuh UNS dan senior-senior UNS tentu banyak hal yang harus dijadikan modal dasar pengembangan untuk kemajuan dan kejayaan UNS untuk terus menyinari semesta. Seluruh sivitas akademika UNS, keluarga besar UNS, alumni UNS, dan seluruh Masyarakat pemerhati UNS berharap upaya pengembangan dan peningkatan UNS sebagai kampus yang Unggul di Tingkat Internasional dengan tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya nasional tentu menjadi harapan bersama. Oleh karena itu, rector terpilih diharapkan  dapat mengajak berkolaborasi membangun supertim bersama keempat calon Rektor UNS yang masing-masing memiliki visi untuk memajukan dan membangun UNS. Supertim yang dibangun tersebut harus diajak berbagi dan bercerita untuk saling melengkapi dan menguatkan aneka program-program kerja dalam bentuk renstra pengembangan UNS jangka pendek, menengah, dan panjang secara berkelanjutan.

       Selamat dan sukses untuk Rektor UNS yang sudah terpilih, semoga dapat mengemban amanah keluarga besar UNS untuk memajukan dan mengembangkan UNS agar dapat terus berkibar dan menyinari semesta sepanjang masa. Peran serta keluarga besar UNS harus dapat dipilih dan dipilah sesuai dengan kompetensi untuk dapat ikut berpartisipasi dalam pengembangan UNS tercinta. Nilai-nilai pengembangan diri dan kelembagaan harus terus ditumbuhkembangkan melalui komitmen kelembagaan yang berkelanjutan berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) dan aneka standar yang ditetapkan dengan merujuk instrumen-instrumen peningkatan, pengembangan UNS tercinta dengan menerapkan 5M: Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan UNS, Merencanakan aneka program kerja unggulan, Melaksanakan aneka program kerja unggulan, Mengevaluasi secara rutin berbagai program kerja secara periodik, dan Menindaklanjuti semua hasil evaluasi capaian kinerja  yang diwujudkan untuk merencanakan, membangun, dan meningkatkan kelembagaan UNS tercinta.

       Program-program pengembangan dan capaian kinerja UNS selama ini sudah luar biasa.  Semua itu terwujud atas kerja keras dan ikhlas Rektor-Rektor UNS sebelumnya bersama supertim keluarga besar sivitas akademika UNS tercinta yang saling bergotong-royong mewujudkan visi UNS tercinta. Semoga ke depan dengan hadirnya Rektor UNS yang baru dapat melanjutkan aneka program kerja yang sudah dicanangkan oleh Rektor-Rektor UNS sebelumnya yang masih relevan dan juga merencanakan aneka program kerja unggulan yang dapat mengantarkan UNS berkibar menyinari semesta. Rektor UNS terpilih semoga dapat membuka ruang kesemestaan dalam silaturahmi kekeluargaan UNS yang benar-benar dapat merangkul semua pihak untuk dapat saling melengkapi berbagai kekurangan dan kelebihan sehingga dapat mewujudkan komitmen kelembagaan untuk kamajuan dan kejayaan UNS tercinta. Komitmen kelembagaan ini akan menjadi dasar untuk membangun UNS berdasarkan 9 kriteria pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi Berbadan Hukum (PTNBH) secara bertahap dan berkelanjutan.

Upaya pengembangan dan peningkatan kelembagaan UNS harus dapat dilakukan dengan melakukan 9 strategi pokok untuk melompat lebih tinggi dengan langkah-langkah taktis dan strategis sebagai berikut: (1) penguatan visi, misi, tujuan, dan strategi pengembangan kelembagaan yang visioner, bertahap, dan berkelanjutan, (2) penguatan dan peningkatan tata kelola kelembagaan yang sinergis yang berorientasi unggulan di Tingkat internasional, (3) penguatan dan peningkatan animo  mahasiswa jenjang S-1, S-2, S-3, dan profesi secara bertahap dan berkelanjutan, (4) penguatan dan peningkatan SDM secara bertahap, baik kualifikasi dan jabatan akademiknya secara berkelanjutan, (5) penguatan dan peningkatan sarana, prasarana, dan keuangan yang sangat memadai, (6) penguatan, dan peningkatan kurikulum PT dan Prodi yang berbasis hasil atau luaran, pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dan kasus, (7) penguatan dan peningkatan penelitian dalam berbagai bidang sebagai modal dasar untuk hilirisasi  dan inovasi untuk meningkatkan pendapatan, (8) penguatan dan peningkatan hasil PkM sebagai bagian strategi komunikasi dengan masyarakat dan hilirisasi, dan (9) penguatan, peningkatan, dan pendokumentasian aneka luaran penelitian dan PkM agar dapat menjadi rujukan nasional dan internasional. Dengan perencanaan dan pengembangan  kampus UNS tercinta berbasis 5M dan 9 kriteria peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan dan kelembagaan tersebut diharapkan Rektor  UNS yang anyar akan mengantarkan UNS berkibar menyinari semesta dengan segala kesemestaanya.

Komtimen kelembagaan seluruh keluarga besar UNS harus terus ditanmkan untuk turut aktif dan berpartisipasi membangun UNS tercinta sangat diharapkan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Supertim UNS harus bergotong-royong untuk menguatkan hati dan pikiran, menyatukan silaturahmi dan kekeluargan dalam rangka mewujudkan UNS berkibar menyinari semesta sepanjang masa. Selamat berjuang untuk Rektor UNS yang anyar dan selamat berpartisipasi seluruh sivitas akademika UNS untuk ikut mendukung Pembangunan dan peningkatan kualitas UNS tercinta secara bertahap dan berkelanjutan.


“Kawan, mimpi dan imajinasi lebih kuat dari pengetahuan kita maka bermimpilah, berimajinasilah, tetapi  ingat jauhkan mimpi dan imajinasi itu dari ambisi kapan pun dan di mana pun!”


Beranda Istana Arfuzh Ratulisa, 18 Juli 2024



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top