Mitigasi Bencana Gempa Megatrust, Ratusan Siswa SMP Ahmad Dahlan PK Nguter Berhamburan Keluar Kelas

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Ahmad Dahlan PK Nguter saat melakukan simulasi mitigasi bencana gempa Megatrust.

Mitigasi Bencana Gempa Megatrust, Ratusan Siswa SMP Ahmad Dahlan PK Nguter Berhamburan Keluar Kelas

Sukoharjo- Ratusan siswa berhamburan keluar kelas setelah mendengar sirine peringatan dini gempa bumi megatrust di SMP Ahmad Dahlan Program Khusus (PK)  Nguter Sukoharjo Jawa Tengah, pada Jumat siang, (24/8/2024).

Untuk menekan korban bencana alam gempa bumi megatrust di pulau Indonesia diprediksi akan mengakibatkan tsunami besar di pesisir pantai Indonesia, hal ini mendapat respon baik guru dan siswa di SMP Ahmad Dahlan Program Khusus Sukoharjo dengan memberikan pelatihan Mitigasi bencana alam pada muridnya dengan simulasi bencana alam yang bekerjasama dengan BPBD Sukoharjo.

Dalam simulasi tersebut nampak siswa sedang melakukan kegiatan KBM kegiatan belajar mengajar di ruang kelas namun sesaat terdengar suara sirine sebagai pertanda peringatan dini gempa bumi telah dibunyikan sehingga ratusan siswa pun sontak berhamburan keluar untuk menyelamatkan dirinya sebelumnya siswa juga berlindung di bawah meja menunggu sesaat gempa berhenti dan menuju titik kumpul yang telah ditentukan.

Penjelasan tentang mitigasi bencana gempa Megatrust oleh BPBD Sukoharjo.

Baca juga: Siswa SMAN 1 Manyaran Raup Untung Jutaan Rupiah Manfaatkan Jualan di Media Sosial

Sementara itu, kepala sekolah SMP Ahmad Dahlan Sukoharjo Anugroho, S.Pd menjelaskan untuk menanggulangi hal tersebut Mitigasi bencana jalur evakuasi di berbagai daerah rawan juga dilakukan termasuk di selatan jawa yang lebih berpotensi terkena gempa seperti daerah-daerah pesisir pulau Jawa yang perlu mendapat mitigasi bencana dan jalur evakuasi yang telah ditentukan.

"Sebelumnya, informasi ini bermula dari informasi di negara jepang yang terjadi bencana alam berupa gempa bumi Megatrust untuk sehingga warga masyarakatnya dihimbau untuk waspada dalam melakukan kegiatan sehari-hari," terangnya a

Lebih lanjut dikatakan, BMKG di Indonesia juga memperingatkan untuk selalu waspada terhadap gempa Megatrust yang telah 200 tahun belum terjadi gempa hal ini dikhawatirkan akan memicu gempa Megatrust di kepulauan Indonesia.

Untuk menekan korban di sekolah SMP Ahmad Dahlan program khusus di Nguter Sukoharjo diberi bekal pelatihan untuk menanggulangi Mitigasi bencana alam gempa yaitu dengan memberikan materi dan praktek langsung jika terjadi gempa.

“Gimana nanti suatu saat ketika terjadi adanya gempa bumi itu apa yang harus dilakukan anak-anak sudah paham jadi untuk meminimalisir korban nantinya,” kata dia.

Siswa kelas 8b SMP Ahmad Dahlan Program Khusus Wafa Faiha Adzra mengungkapkan simulasi tangga bencana berupa gempa bumi ini sangat bermanfaat bagi para siswa dalam melatih pengetahuan dan tanggap bencana. 

"Jika gempa bumi benar terjadi dan para siswa sudah dibekali ilmu untuk menanggulangi sejak dini yaitu dengan cara berlindung di bawah meja setelah bunyi sirine dan dilanjutkan menuju titik aman tempat berkumpul memastikan gempa benar-benar aman," ungkapnya. (dn)

Baca juga: FGM Kabupaten Boyolali Siapkan Sosialisasi Buku Ismuba Berbasis Aktivitas


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top