Pelantikan Rektor UNS: Bangkitkan Semangat dan Inovasi Tiada Henti untuk Keluarga Besar UNS

Print Friendly and PDF

Pelantikan Rektor UNS: Bangkitkan Semangat dan Inovasi Tiada Henti untuk Keluarga Besar UNS


Oleh: Dr. Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS dan Penggiat Literasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube/Tiktok: M Rohmadi Ratulisa


Dr. Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum


“Kawan, mimpi dan imajinasi lebih kuat dari pengetahuan kita dalam berbagai konteks kehidupan untuk terus bersilaturahmi dan berliterasi dengan Ratulisa (rajin menulis & membaca) sepanjang masa”


       Hari ini, Kamis, 8 Agustus  2024, pukul 10.00 WIB akhirnya  pelantikan Rektor UNS terpilih, Prof. Dr. Hartono, dr. M.Si.  dilaksanakan di Auditorium UNS. Waktu yang ditunggu-tunggu oleh keluarga besar UNS akhirnya terjawab dan terpenuhi setelah memiliki Rektor UNS  yang ditetapkan dan dilantik oleh Majelis Wali Amanah (MWA) UNS. Dengan pelantikan Rektor UNS ini diharapkan dapat menjadi pemantik dan penguat semangat baru  bagi keluarga besar UNS, baik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, dan mintra UNS untuk terus bekerja, berkarya, berinovasi tiada henti untuk membangun supertim UNS agar memiliki komitmen kelembagaan yang unggul, kreatif, produktif, inovatif, dan inspiratif.   Semangat baru yang dipantik dan dikuatkan dengan semangat Rektor UNS yang baru diharapakn dapat membuka ruang-ruang kesemestaan UNS yang sempat sedikit terguncang karena ujian dan tantangan agar UNS semakin kuat dan dewasa dalam pelukan semesta untuk terus ikut menyinari dunia sepanjang masa.

       Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh Rektor dan keluarga besar UNS tentu harus dilakukan secara kolaboratif berbasis silaturahmi dan kekeluargaan bersama sivitas akademika UNS. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan dan semangat kekeluargaan UNS  dan publik yang telah berhasil melalui berbagai ujian dan cobaan dalam perjalanannya sejak 11 Maret 1976 sampai 8 Agustus 2024. Dengan semangat kekeluargaan dan kebersamaan, tanpa meninggalkan sejarah dan pondasi dasar yang telah diberikan oleh Rektor-Rektor UNS sebelumya maka diperlukan langkah strategis dan taktis berikut.

       Pertama, bersilaturahmi dan berkonsolidasi bersama keluarga besar UNS untuk kemajuan dan kejayaan UNS tercinta. Langkah pertama ini dalam rangka untuk menyatukan rasa, cipta, karsa, dan semangat kekeluargaan berbasis silaturahmi antara unsur tata kelola dan tata pamong dari rektorat sampai ke tingkat program studi, dosen, tenaga kependidikan,mahasiswa, dan kemitraan UNS. Komitmen kelembagaan harus menjadi rujukan dan pandangan bersama keluarga besar UNS yang dinahkodai oleh Rektor UNS secara bertahap dan berkelanjutan dalam rangka merajut mimpi dan cita-cita besar   UNS untuk ikut melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sebagai calon-calon generasi emas 2045 dan pemimpin Indonesia masa depan. Keyakinan Rektor UNS untuk membangun UNS dalam bingkai kebersamaan dan kekeluargaan akan menjadi virus-virus positif untuk membangun kepercayaan internal dan eksternal UNS.

       Kedua, memetakan SDM UNS untuk dapat membantu dan mendukung program-program kerja Rektor UNS jangka pendek, menengah, dan panjang berbasis hasil dan kolaborasi tri dharma PT. Rektor UNS diharapkan dapat melakukan  5M: mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti semua keunggulan dan kekurangan yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi di UNS selama ini. Dengan demikian dapat dilakukan pemetaan dan penempatan SDM UNS berbasis kompetensi dan softskill yang dimilki masing-masing SDM untuk dapat bergerak dan menggerakkan semua sumber daya akademik dan nonakademik yang dimiliki UNS. Oleh karena itu, diperlukan kebersamaan, gotong royong, visi, misi, dan tujuan yang sama untuk dapat mewujudkan strategi pencapaian cita-cita besar UNS menjadi satu keniscayaan.

       Ketiga, memetakan keunggulan prodi dan fakultas sebagai pembeda & branding sebagai modal promosi dan pemasaran unggulan UNS ke tingkat nasional dan internasional. Semangat saja tidak cukup untuk merealisasikan mimpi dan imajinasi yang diharapkan untuk mencapai sebuah tujuan besar kemajuan dan kejayaan UNS. Oleh karena itu, diperlukan pemetaan dan identifikasi keunggulan masing-masing program studi dan fakultas yang dimiliki saat ini. UNS memilki peringkat akreditasi UNGGUL dengan 202 program studi yang memiliki peringkat akreditasi UNGGUL sekitar 86 % dan memiliki program studi yang sudah  terakreditasi internasional yang tersebar di berbagai fakultas yang beraneka ragam. Keanekaragaman bidang ilmu dan keilmuan para dosen sebagai SDM yang unggul, tenaga kependidikan yang sangat kompeten, dan mahasiswa unggulan yang terpilih melalui seleksi ketat betul-betul dapat menjadi modal dasar pengembangan dan kemajuan UNS di tingkat nasional dan internasional secara bertahap dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Rektor UNS beserta supertim UNS harus dapat memetakan keunggulan program studi, fakultas, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa untuk mendukung percepatan pencapaian program keunggulan berbasis pondasi dasar yang kuat untuk mengembalikan kepercayaan publik d di tingkat nasional dan internasional.

       Kempat, menguatkan pondasi dasar tri dharma perguruan tinggi berbasis laboratorium keilmuan. UNS memiliki potensi SDM dosen, tendik, dan mahasiswa yang unggul sebagai modal unggulan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Oleh karena itu, perlu didukung dengan tata kelola kelembagaan yang kuat dan visioner. Mengapa demikian? Hal ini dalam rangka untuk dapat mewujudkan visi,misi, tujuan, dan strategi yang nantinya ingin dicapai oleh Rektor UNS sebagai nahkoda menuju ke pelabuhan yang akan dituju di tingkat nasional dan internasional. Komitmen kelembagaan bagi seluruh sivitas akademika harus ditanamkan dan  ditumbuhkembangkan secara bertahap dan berkelanjutan untuk menjaga budaya mutu yang berbasis pada budaya mutu, kolaborasi tri dharma PT, tata kelola PT yang kuat, dan unggulan PT yang menjadi pembeda dan branding. Dengan demikian diperlukan komitmen kelembagaan bersama-sama sivitas akademika UNS agar dapat menjaga: (1) visi, misi, tujuan, dan strategi yang dicanangkan, (2) sistem tata kelola dan tata pamong kelembagaan yang solid dan kuat,  (3) mahasiswa yang unggul dan kompeten, (4) SDM yang unggul dan kompeten, (5) sarana, prasarana, dan keuangan yang memadai, (6) pendidikan yang berbasis hasil, (7) penelitian yang beragam dan visioner, (8) pengabdian yang berdaya gua untuk masyarakat NKRI, dan (9) keluaran tri dharma PT sebagai hasil dan produk nyata yang dipublikasikan dan dimanfaatkan sebanyak-banyaknya untuk ilmu yang bermanfaat dan kemaslahatan umat sepanjang hayat.

       Kelima, menyandarkan semua program kerja untuk ibadah dan kemaslahatan umat. Terlepas dari apa pun, kesadaran diri, hati, dan pikiran harus  jernih, dikendalikan untuk ibadah, dan kemaslahatan umat. Rektor UNS sebagai amanah untuk menahkodahi UNS dapat berjalan 5 tahun dan mungkin paling lama 2 periode yakni 10 tahun. Oleh karena itu, harus dibangun kesadaran akan ada awal dan ada akhir maka harus dibangun dengan tendensi religi sebagai sandaran agar berdampak positif ke dalam dan luar UNS. Sandaran religi ini akan dapat menentramkan semua pihak dan mendamaikan hati pikiran dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang diembannya. Selain itu, kesadaran diri untuk terus bergerak dan menggerakkan sayap-sayap kesemestaan keluarga besar UNS juga harus dipikirkan dan disiapkan regenerasi masa depan agar tidak lagi terulang sejarah UNS yang penuh dengan ujian dan cobaan. Namun demikian, itu semua akan menjadi sia-sia apabila tidak dilandasi dengan semangat silaturahmi dan kekeluargaan untuk membangun UNS tercinta. 

       Akhirnya, selamat dan sukses kepada Bapak Retor UNS, untuk menahkodahi kapal besar UNS. Kami keluarga besar UNS siap ikut berlayar, berdoa, dan ikut berpartisipasi aktif membantu dan juga menikmati keindahan alam semesta sepanjang perjalanan menuju ke pelabuhan yang akan dijadikan tempat untuk berlabuh dan bersandar. Berkibarlah rektorku, berkibarlah UNS-ku, dan berkibarlah benderaku, merah putihku untuk kemajuan dan kejayaan UNS dan NKRI tercinta. Semangat kebersamaan, silaturahmi, dan kekeluargaan dalam kebhinekaan akan menyertai langkah Rektor dan keluarga besar UNS dengan doa tulus untuk Rektor UNS yang dilantik, semoga Allah meridhoi dan semesta mengamini. Aamiin YRA.


“Jiwa terpaku dalam pelukan semesta, kala senja berbisik mesra “Yakinlah semua berangkat dari tiada, ada, dan tiada untuk kesemestaan dan kemaslahatan umat selamanya”

Surakarta, 8 Agustus 2024


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top