UNIVET Bangun Nusantara dan HISKI Jalin Kerjasama, dalam Konferensi Internasional Kesusastraan Ke-33 di Universitas Sriwijaya Palembang

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum menandatangani naskah kerjasama bersama Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Pusat. 


UNIVET Bangun Nusantara dan HISKI Jalin Kerjasama, dalam Konferensi Internasional Kesusastraan Ke-33 di Universitas Sriwijaya Palembang

Palembang- Bertempat di Kampus Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) mengukuhkan langkah besar di bidang kesusastraan dengan menandatangani naskah kerjasama bersama Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Pusat. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, dalam acara pembukaan Konferensi Internasional Kesusastraan (KIK) ke-33 yang diselenggarakan oleh HISKI. Minggu (20/10/2024).

Kerjasama dan kolaborasi  ini akan memperkuat sinergi antara Univet Bantara dan HISKI Pusat dalam melaksanakan berbagai program terkait kesusastraan, baik dalam bentuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, maupun Pendidikan dan pengajaran. Prof. Farida Nugrahani menyatakan melalui kerjasama ini, diharapkan Univet dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan unggulan HISKI, seperti "Sekolah Sastra" dan "Sastra Masuk Sekolah.", “Tukar Tutur Sastra”, “Penulisan Buku”, dan penelitian serta pengabdian pada Masyarakat secara kolaboratif.

"Kami berharap Univet Bantara dapat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan HISKI Pusat, serta mengembangkan bentuk-bentuk program kegiatan baru yang mungkin bisa dikolaborasikan bersama. Mengingat dalam organisasi Hiski Pusat banyak guru besar sastra dan pengajaran sastra, dan para pakar serta dosen dan guru sastra, maupun penulis karya sastra. Kiranya Univet Bantara dapat mengambil manfaat untuk memperkaya wawasan akademik dan pengalaman praktis dalam bersastra dan mengembangkan pembelajaran serta penelitian sastra," ujarnya.

Baca juga: Tingkatkan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) ke-8, LPPMP UNS Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Program Studi, dan Ketua UPM untuk Buka Kelas Internasional dan Kolaborasi Internasional Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT)

Menurut Prof. Farida, kerjasama ini juga membuka peluang untuk pengembangan kegiatan lanjutan di masa depan. Dr. Mukti Widayati, Ketua Komisariat HISKI Univet, akan menjadi penggerak utama dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai program bersama HISKI Pusat. Prof. Farida mengungkapkan bahwa telah mengajukan diri kepada HISKI Pusat, untuk menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan KIK Internasional dan Munas HISKI ke-36 pada tahun 2027. Tahun depan tahun 2025 tuan rumahnya adalah Unesa, sedangkan pada tahun 2026 tuan rumahnya UNY. 

“Kami telah mengajukan diri sebagai salah satu kandidat tuan rumah untuk KIK 2027. Keputusan final akan diumumkan oleh Ketua Umum HISKI, Prof. Novi Anugrayekti, dari Universitas Negeri Jakarta,” tambah Prof. Farida yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua II HISKI Pusat. Kandidat lainnya yang mengajukan sebagai tuan rumah adalah HISKI Papua.

Selain penandatanganan kerjasama, Konferensi Internasional Kesusastraan ke-33 ini turut memutuskan kelanjutan berbagai program rutin HISKI yang akan dilaksanakan pada 2025. Salah satu program penting yang akan dilaksanakan adalah menjalankan hibah  senilai 500 juta rupiah yang telah diberikan oleh pemerintah. Selain itu sesuai Amanah Ketua Dewan Pakar Hiski, Prof. Riris Sarumpaet Hiski Pusat akan menyelenggarakan pelatihan tentang ETIKA berorganisasi. Ini merupakan salah satu rekomendasi penting dari Ketua Dewan Pakar, yang mendesak untuk ditindaklanjuti. 

"Dengan berbagai agenda dan program unggulan yang sudah dipersiapkan, kerjasama antara Univet dan HISKI diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan dunia kesusastraan di Indonesia," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: PAUD KB Raudhatul Ilmi Kenalkan Teknologi Informasi Lewat Pembelajaran Film Kartun


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top