MENGENAL KOMPUTER MELALUI MEDIA “FLASH CARD”

Print Friendly and PDF

MENGENAL KOMPUTER MELALUI MEDIA “FLASH CARD”


Oleh : 1) Indah Kartika Sari, S.Kom 2) Sumarno, S.Pd 3) Fira Ervina Dewi Puspita Sari, S.Pd

Guru Rumpun Informatika

Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rembang



       Pada era 4.0, penguasaan teknologi sangat penting, terutama dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi semakin diperkenalkan dan diterapkan, seiring dengan pelaksanaan kurikulum merdeka. Guru dan peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan media teknologi yang disediakan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan pemanfaatan teknologi adalah informatika, yang tidak hanya mengandalkan metode konvensional, tetapi juga perlu pengenalan langsung terhadap perangkat komputer. Dengan demikian, peserta didik tidak hanya mengetahui cara menggunakan perangkat, tetapi juga mengenal komponen-komponennya.

       Di sekolah yang belum memiliki laboratorium komputer, kendala utama yang sering dihadapi adalah kurang optimalnya pembelajaran informatika. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan untuk memahami komponen perangkat komputer secara mendalam. Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan flash card bisa menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif. Flash card dapat membantu guru mengenalkan komponen-komponen perangkat komputer kepada peserta didik melalui gambar dan deskripsi yang sederhana.

       Flash card adalah media pembelajaran berbentuk kartu bergambar yang biasanya berukuran 25 x 30 cm. Gambar pada kartu ini bisa dibuat secara manual, menggunakan foto, atau mengambil gambar yang sudah ada, yang kemudian ditempelkan pada lembaran flash card. Setiap gambar dilengkapi dengan keterangan atau penjelasan di bagian belakang kartu. Dengan cara ini, peserta didik dapat mengenali perangkat komputer melalui gambar yang disertai penjelasan yang mudah dipahami (Susilana & Riyana, 2009). Penggunaan media ini diharapkan dapat menumbuhkan daya ingat peserta didik dalam memahami fungsi dan peran perangkat komputer.

       Tujuan utama penggunaan flash card dalam pembelajaran informatika adalah untuk mengenalkan komponen-komponen komputer melalui gambar, serta membantu peserta didik dalam mengingat fungsi dan peran perangkat tersebut. Pembelajaran tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga melibatkan pengenalan langsung terhadap teknologi yang dipelajari. Dengan penggunaan flash card, suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, karena peserta didik dapat belajar sambil bermain. Hal ini turut mengembangkan daya ingat peserta didik dalam memahami teori informatika.

       Kekurangan penggunaan flash card adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat media ini dan perlengkapan yang harus disiapkan oleh guru sesuai materi. Meskipun demikian, pembelajaran informatika yang melibatkan teknologi sangat penting untuk mempersiapkan peserta didik mengikuti perkembangan teknologi abad 21. Penggunaan flash card dapat mempermudah pemahaman peserta didik dalam informatika dan dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.


Daftar Pustaka :

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oktavia, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah.

Fauziah, N. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 

Masna, W. (2020). Perancangan Flash Card sebagai Alat Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(3), 210-218.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top