Cegah Virus Covid-19 Varisan Baru Omicron, Mahasiswa Univet Ciptakan Handsantizer Dari Bahan Alami

Print Friendly and PDF

Indah Nopita saat membagikan handsanitizer ciptaannya.

Cegah Virus Covid-19 Varisan Baru Omicron, Mahasiswa Univet Ciptakan Handsantizer Dari Bahan Alami

Karanganyar- majalahlarise.com -Virus covid-19 varian omicron memang tidak bisa dianggap remeh. Penelitian yang dipimpin King's College London mengungkapkan gejala Covid yang paling umum saat ini seperti hidung berair, sakit kepala, sakit tenggorokan, kelelahan, bersin, batuk, dan suara serak. Hal ini disebabkan kurangnya mobilitas, mencuci tangan menggunakan sabun, tetap memakai masker, menjaga kebersihan, dan menjaga jarak dikerumunan orang. 

Handsanitizer merupakan barang penting yang dibutuhkan ditengah pandemi covid-19 varian omicron yang biasanya berbentuk cairan, gel maupun spray. Handsanitizer praktis dan hemat dibawa kemana sehingga banyak menjadi incaran masyarakat. Walaupun tidak seefektif menggunakan sabun handsanitizer dapat dimanfaatkan ketika kesulitan menemukan air bersih dan sabun untuk mencuci tangan.

Mahasiswa Indah Nopita S melakukan kegiatan KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang bertugas di Desa Sendangsongo RT 02 RW 13 Karangpandan, Karanganyar. Menciptakan inovasi handsanitizer dari bahan alami yaitu lidah buaya. 

Hansanitizer ini tidak membutuhkan bahan-bahan mahal hanya perlu alcohol 70% dan lidah buaya sebagai pelembab. Kegiatan pembuatan handsanitizer ini akan memberikan pendampingan kepada masyarakat bagaimana pembuatan handsanitizer mandiri sehingga dapat dipraktekan di rumah masing-masing. Bahan alami lidah buaya juga mudah didapat dan memiliki aroma yang khas jadi tidak perlu menambahkan essensial oil. 

"Setelah kegiatan ini diharapkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku dan bisa menimplementasikan pembuatan handsanitizer dalam menghadapi covid-19 varian omicron," harap Indah Nopita. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top