SMA Negeri 1 Manyaran Raih Juara 1 Karnaval Budaya Kecamatan Manyaran Kategori SMA/ SMK

Print Friendly and PDF

Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Budiono S.Si., M.Pd saat menerima tropi juara 1 Karnaval Budaya Kecamatan Manyaran Kategori SMA/ SMK.

SMA Negeri 1 Manyaran Raih Juara 1 Karnaval Budaya Kecamatan Manyaran Kategori SMA/ SMK

Wonogiri- majalahlarise.com -Karnaval Budaya di Kecamatan Manyaran, dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia  dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” dimeriahkan oleh seluruh warga masyarakat Kecamatan Manyaran tidak ketinggalan dari para pelajar dari berbagai tingkatan seperti  PAUD/ TK, SD/ MI, SMP/ Mts, SMA/ SMK. Minggu (20/8/2023).

Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Budiono, S.Si., M.Pd saat di temui di ruang kerjanya Selasa (22/8/2023) menyampaikan SMA Negeri 1 Manyaran salah satu peserta dalam Karnaval Budaya berhasil meraih juara 1 kategori SMA/SMK, dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika”.

 “Tema yang diambil adalah tema yang mendukung penerapan pembelajaran proyek Pelajar Pancasila, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Kebetulan adanya kegiatan karnaval budaya di rangkaian HUT RI ke-78 sehingga sekolah menggambil tema tersebut sebagai pendukung proyek," terangnya. 


Penampilan tarian adat Bali di depan panggung kehormatan.

Baca juga: Menjadi Mahasiswa Kreatif, Inovatif, Produktif, dan Inspiratif Abad XXI

Lebih lanjut dikatakan, dengan kekreatifan yang dimiliki siswa-siswi SMA Negeri 1 Manyaran, mereka mampu membuat dan menampilkan produk yang dapat secara langsung dilihat oleh masyarakat. Dalam kegiatan karnaval budaya, mereka menampilkan tarian dari beberapa daerah di Indonesia yaitu tari dari Jawa, Riau, Dayak, dan Bali  yang ditampilkan secara apik kemudian menjadi satu kesatuan sebagai bentuk penerapan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan.

"Selain menyuguhkan tarian yang mampu menyita pandangan mata, mereka juga memamerkan karya-karya dari proyek sebelumnya yaitu Batik Ecoprint, kain dengan motif dedaunan kemudian di sulap menjadi baju yang elok untuk dikenakan. Tak hanya itu saja tetapi masih banyak karya-karya dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Manyaran, seperti pemanfaatan bahan bekas yang kemudian dikenakan sebagai properti dalam kegiatan tersebut, KIR (Karya Ilmiah Remaja) juga tak kalah memamerkan produk buatan mereka, seperti Jellyco yaitu permen yang terbuat dari bahan dasar tomat dan juga Biseaco yaitu coklat dari biji alpukat mentega," paparnya.

Disampaikan pula, untuk mendapatkan hasil yang terbaik diperlukan kerja sama antara seluruh warga yang ada dalam sekolah.

“Kedepannya kerja sama dari siswa, dukungan dari sekolah, guru semakin kuat untuk menjalin kolaborasi, serta dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi ditingkat yang lebih tinggi," harapnya. (Fathina)

Baca juga: Kontingen MI Al Kahfi Manyaran Usung Pelestarian Adat Jawa 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top