Tumbuhkan Adab Santun Melalui Sapa Pagi Esperiji

Print Friendly and PDF

Pelaksanaan pembiasaan penyambutan siswa masuk sekolah tiap pagi (sapa pagi Esperiji).


Tumbuhkan Adab Santun  Melalui Sapa Pagi Esperiji

Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 1 Paranggupito (esperiji) melaksanakan pembiasaan penyambutan siswa masuk sekolah tiap pagi bukan hanya kegiatan basa-basi sebatas jabatan tangan Guru dengan siswa saja. 

Tiap pagi guru dan karyawan piket secara bergantian lima orang menyambut siswa dengan sepenuh hati. Tiap guru dan karyawan yang piket harus memperhatikan tiap siswa yang datang untuk disapa, senyum dengan menanyakan kesehatan, keluarga di rumah dan sebagainya.

”Ini untuk mewujudkan pendidikan karakter ramah dan santun santun dan beradab. Pembiasaan karakter semacam ini harapannya agar bisa mereka bawa ketika berada di mana saja setiap kali ketemu dengan orang lebih tua agar lebih santun dan ramah,” tutur Assani Nugroho selaku kepala sekolah dalam keterangan kepada majalahlarise.com. Kamis (21/4/2024).

Kebiasaan bersalaman di pagi hari antara guru dan murid, salah satu cara membangun keakraban sehingga belajar di sekolah terasa  nyaman dan aman. Karena itu guru saat ada siswa datang harus diperhatikan, disapa, ditanyai kabarnya, lanjutnya. 

Baca juga: Setan Terbelenggu dan Ramadhan Bulan Ta’awudz

"Membentuk karakter siswa bukanlah tugas yang dapat selesai dalam satu waktu saja, tetapi harus dilakukan secara berulang dengan memberikan contoh,"imbuhnya.

Dewanda (siswa kelas 9c) mengaku dengan adanya pembiasaan sapa pagi Esperiji ini sangat senang dan merasa kegiatan ini bukan semata hanya jabatan tangan saja, akan tetapi lebih pada perhatian orang tua pada anaknya. 

Siswa yang lain, Ababil dari kelas 7a merasa diperhatikan dan lebih akrab dan dekat dengan bapak ibu Guru serta karyawan di sekolahnya. 

"Sapa pagi Esperiji merupakan cara membangun kemestri antara siswa guru dan karyawan," ujarnya. (Sofyan)

Baca juga: UT Cabang Semarang Jadi Pelanggan Tetap One Oto Tefa SMK Negeri 1 Semarang


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top