Menanamkan Sikap Peduli Melalui Penyembelihan Qurban dengan Prinsip Goroguru (Gotong Royong Guyup Rukun)

Print Friendly and PDF

Bapak dan ibu guru memotong dan mencacah daging kambing.

Menanamkan Sikap Peduli melalui Penyembelihan Qurban dengan Prinsip Goroguru (Gotong Royong Guyup Rukun)

Wonogiri- majalahlarise.com -SMPN 4 Satap Karangtengah menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban 1 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing. Bertempat di halaman sekolah yang merupakan sekolah Satu Atap antara TK Sri Peni SDN2 Jeblogan dan SMPN 4 Satap Karangtengah. 

Cundoko, S.Pd, M.Pd selaku Kepala SMPN 4 Satap Karangtengah juga koordinator kegiatan menyampaikan bahwa hewan kurban tersebut merupakan tabungan/ iuran dari siswa dan di penuhi dari guru Satu Atap yang dikumpulkan dan tahun ini dapat 2 ekor Kambing. Untuk tahun-tahun kemarin kegiatan serupa telah terlaksana dengan baik. Untuk tahun ini Satap mendapat donatur 1 ekor sapi dari ustadz Andi Kusuma Brata seorang motivator juga Akademisi, 1 ekor kambing atas nama Anik Suswandari, SE Sukoharjo.

"Tujuan dari penyembelihan hewan kurban ini untuk melatih dan mendidik siswa dalam menjalankan syiar agama. Oleh karena dengan penyembelihan hewan kurban mampu  menumbuhkan rasa empati kepada teman, saudara, kaum duafa,dan masyarakat sekitar," tuturnya. 

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini juga menanamkan rasa sosial pada keluarga besar sekolah serta masyarakat. Memberikan edukasi pada siswa sekaligus menanamkan sikap religius.

"Salah satu keberkahan dari hari raya kurban kali ini Satap juga dapat sumbangan sumur dari seorang pengusaha surabaya (Gatot Satrio Nugroho). Diharapkan akan memberi manfaat pada anak didik di Satap Karangtengah," harapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Pengawas binaan SMP Kabupaten Wonogiri Parman, S.P.d.,M.Pd. memberi motivasi pada siswa Satap dengan meneladani sifat nabi Ibrahim as, dengan menyembelih kebodohan, jangan mudah putus asa, tetap semangat. Tak perlu berkecil hati biarpun di daerah pelosok.

Serangkaian kegiatan hari ini dilanjutkan dengan mengangkat tema "Song Dowo Mendongeng" Satu Qurban Sejuta Kebaikan Ciptakan Kerukunan dan Tingkatkan Ketaqwaan meraih ridho Ilahi. Bersama kak Husen pendongeng kondang dari Wonogiri sampai selesai. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Sembelih 10 Kambing Qurban pada Idul Adha 1445 H


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top