Program Studi Management Transportasi Laut Akademi Pelayaran Nasional Surakarta Selenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Print Friendly and PDF

Direktur Akademi Pelayaran Nasional Surakarta, Dr. Hardi, M.Pd. saat memberi sambutan sekaligus membuka Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah.


Program Studi Management Transportasi Laut Akademi Pelayaran Nasional Surakarta Selenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi Management Transportasi Laut (MTL) Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dengan menghadirkan narasumber Emy Dwi Nursulistyo, S.Pd, M.Ak (Pemateri Kuantitatif Metodologi), Fitri Anekawati, S.Hum, M.Li (Pemateri Kualitatif Metodologi) dipandu moderator Andreas Subangkit, S.Pd, M.Ak. Bertempat di Aula Kampus. Senin (24/6/2024).

Direktur Akademi Pelayaran Nasional Surakarta, Dr. Hardi, M.Pd. saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dilaksanakan setiap tahun yang pelatihan kali ini berbeda. Perbedaannya pada pemateri yang biasanya diisi dari dosen metodologi penelitian sedangkan saat ini dari dosen prodi Management Transportasi Laut.

"Harapan setelah pelatihan ini, para Taruna Taruni bisa membuat laporan tugas akhir dan bisa menulis jurnal. Di Akademi Pelayaran Nasional sudah ada jurnal Sinta 6 dan Sinta 5 yang dipandu oleh beberapa Dosen pembimbing yang membimbing tugas akhir," terangnya.

Narasumber Emy Dwi Nursulistyo, S.Pd, M.Ak saat menjelaskan materi Kuantitatif Metodologi.

Baca juga: Grup Riset Linguistik Sastra Indonesia FIB UNS Pengabdian di Karanganyar

Terkait dengan perkembangan APN Surakarta, pria yang akrab disapa bapak Hardi ini menjelaskan setiap tahunnya APN Surakarta menerima minimal 100 Taruna Taruni baru dengan syarat masuk diutamakan memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

"Para Taruna Taruni nantinya bekerja di lapangan misalnya di Pelabuhan yang memerlukan kesehatan lebih," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Prodi MTL R. Djayendra Dewa, SE, MM menuturkan pelatihan penulisan Karya Ilmiah ini merupakan inisiatif kegiatan yang difokuskan untuk pengembangan potensi Taruna Taruni dalam menulis karya tingkat I dan II. Kegiatan ini diinisiasi dengan dukungan dari Direktur Akademi Pelayaran Nasional Surakarta, Dr. Hardi, M.Pd. serta dibuat dalam forum yang berbeda agar lebih menarik dan fun sehingga para Taruna Taruni bisa berinteraksi dengan baik.

"Secara praktis para Taruna Taruni langsung mempraktikkan dengan pembagian masing-masing minat yang ingin dicapai. Materi disampaikan tentang Kualitatif dan Kualitatif memiliki ciri khas yang berbeda dan dibebaskan. Maka dalam hal itu untuk mewadahi potensi dan bakat yang sesuai dengan lapangan dunia Maritim Indonesia untuk dunia," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain itu dukungan dosen mewujudkan keinginan para Taruna/ Taruni dapat memudahkan mereka dalam menulis penyusunan tugas akhir hingga memasukan hasil karya ilmiah di jurnal dengan menyesuaikan linieritas keilmuan vokasi yang mereka miliki.

"Dengan adanya pengembangan keilmuan yang dinamis mengikuti jaman. Akademi Pelayaran Nasional Surakarta mendukung program sekolah vokasi yang berbasis akademisi untuk mewujudkan bidang pelayaran yang profesional di lokal, nasional maupun internasional," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Perpustakaan ISI Solo Teken MoU dengan Perpusnas RI


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top