SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Acara Pelepasan Siswa Kelas 9

Print Friendly and PDF

Siswa berprestasi kelas 9 saat foto bersama usai menerima penghargaan.


SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Acara Pelepasan Siswa Kelas 9

Solo- majalahlarise.com -Kamis, 13 Juni 2024 menjadi hari yang bersejarah bagi 245 siswa kelas 9 SMP Negeri 8 Surakarta. Setelah berjuang selama 3 tahun dan menyelesaikan ujian, tibalah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu acara Pelepasan. Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 8 Surakarta untuk menandai berakhirnya masa belajar siswa kelas 9.

SMP Negeri 8 Surakarta menggelar pelepasan siswa kelas 9 di Hotel Kusuma Kartikasari pada hari Kamis, 13 Juni 2024 Adapun acara digelar secara sederhana dihadiri sejumlah tamu undangan, dimulai pada pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Dalam pelepasan siswa kelas 9 SMP Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2023-2024 tersebut ditampilkan sejumlah kegiatan dibawakan oleh para siswa siswi. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Komite, Drs. H. Bambang Dwi Wahyudi, CMPM., Kabid. SMP Kota Surakarta, Abi Satoto, S.Pd.,M.Si., Orang Tua Murid, Guru dan Karyawan SMP Negeri 8 Surakarta.

Baca juga: 1839 Pendaftar Jalur SNBT, ISI Solo Terima 496 Calon Mahasiswa Baru

Terdapat 245 siswa yang hadir dalam ruang acara tersebut. Masing-masing siswa berdampingan dengan Orang Tua mereka. Dalam momen perpisahan itu, semua siswa diwajibkan bersalaman dengan para Guru/Karyawan, juga Kepala Sekolah.

Acara pertama dilakukan kirab, sebagai penanggungjawab adalah Hasan Efendi, S.Pd. dan Rori Khoirudin, M.Pd. Sebagai cucuk lampah Radhitya Dhipradana Isputra (8A), Xaviera Deandra Kurniawan (7C), Ananda Olivia Zizi (7G), OSIS : 6 anak kelas 7/8, siswa kelas 9 baris sesuai ketentuan didampingi Wali Kelas, diikuti barisan KS dan Bapak/Ibu Guru, Karyawan.

Dilanjutkan dengan penampilan Tari Gambyong untuk menyambut para tamu yang ditampilkan oleh Zaviera Deandra Kurniawan (7C) dan Ananda Olivia Zizi (7G). Kemudian Pembukaan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Mars SMP Negeri 8, dan Mars Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh Paduan Suara, penanggungjawab Ch. Endah Setyowati, S.Pd., pembacaan doa oleh Abdullah Yusuf, S.Pd.I. disusul dengan penyampaian laporan oleh Ketua Panitia, Wahyu Prihatin sayekti, S.Pd.

Ketua Panitia, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. menyampaikan tema wisuda kali ini, “Memajukan Prestasi, melanjutkan Generasi”.  Tema ini diambil dengan harapan sebagai generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri. Sebagai pelajar, harus dapat meneruskan cita-cita para Pahlawan.

Selanjutnya sambutan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan pelepasan dan wisuda kelas 9 dilaksanakan secara sederhana namun mengena. Adapun tahun ajaran 2023-2024 sebanyak 245 siswa yang dilepas atau lulus. Siswa - siswi yang lulus agar tetap menjaga nama baik almamater, karena jenjang pendidikan untuk menatap masa depan masih panjang. Kejarlah impian untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah menyampaikan terimakasih kepada Orang Tua/Wali Murid yang telah memberikan kepercayaan kepada pihak sekolah. Kepala Sekolah berpesan kepada para siswa tetap memiliki semangat tinggi untuk terus belajar agar mampu bersaing dengan para alumni dari sekolah lain.

Sambutan dari Ketua Komite SMP Negeri 8 Surakarta, Drs. H. Bambang Dwi Wahyudi, CMPM. menyampaikan kepada siswa dan siswi untuk mempersiapkan langkah panjang guna meraih cita-cita menuju gerbang kesuksesan di masa depan. Beliau juga berpesan agar siswa dan siswi SMP Negeri 8 Surakarta untuk tetap semangat menuntut ilmu sampai jenjang SMA/SMK, kuliah dan menanamkan pada diri sendiri bahwa cita-cita bisa diraih dengan bekerja keras, berusaha dan berdoa serta menjunjung tinggi almamater sekolah.

"Selamat kepada seluruh siswa dan siswi yang telah menyelesaikan Pendidikan di bangku SMP Negeri 8 Surakarta untuk meraih cita-cita dengan penuh semangat agar bisa mengantarkan siswa-siswi ke gerbang kesuksesan yang akan datang di masa depan," ucapnya.

Sedangkan sambutan dari Kabid. Dinas Pendidikan SMP Kota Surakarta, Abi Satoto, S.Pd.,M.Si., berpesan kepada siswa dan siswi kelas 9, bahwa kelulusan bukanlah akhir dari suatu perjalanan, melainkan langkah awal dimana siswa harus lebih bekerja keras dan belajar serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar guna menuju masa depan yang dicita-citakan.

Ditambahkan laporan dari Waka bidang Kurikulum, Hesti Setyaningsih, S.Kom, bahwa peringkat 1 setiap kelas yaitu Vinolia Volin Sagita (9A), Adiputra Arya Sena (9B), Aurellya Intan Hermawan (9C), Citra Azahra Maharani (9D), Rasti Widya Indriyani (9E), Satria Bayu Laksmana (9F), Calista Apta Almaghfira (9G), Queenasyifa Richinta (9H). 

Sedangkan peringkat paralel 10 besar antara lain :1. Vinolia Volin Sagita (9A); 2. Zahra Endru Kusuma (9A); 3. Nur Cahya satria Wicaksana (9A); 4. Aurellya Intan Hermawan (9C); 5. Queenasyifa Richinta (9H); 6. Elyana Febry Dwi Astuti (9A); 7. Citra Azahra Maharani (9D); 8. Fedora Putri Rahel Azalia (9C); 9. Chatarina Dea Armila (9D); 10. Estu Unggul Jati Kusuma (9C). Ditambahkan juga bahwa untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 8 Surakarta sudah mulai dibuka tanggal 24 Juni / informasi dan syarat pendaftaran : https://ppdb.surakarta.go.id. 

Setelah penyerahan penghargaan kepada Siswa Berprestasi, dilanjutkan dengan Prosesi Pelepasan, Penyerahan Kembali Siswa Siswi Kelas 9 kepada Komite Sekolah, Hiburan 2 (Depanska Band). Kata pamit dari kelas 9 oleh Gravida (9H). Kesan pesan dari perwakilan kelas 7 dan 8 oleh Adli (8B), Penyerahan Vandel. 

Acara pelepasan ini sebagai pembawa acaranya adalah 3 Guru yang cantik-cantik diantaranya adalah; F. Nita Purwaningsih, S.Ag., Sutinah, S.Pd., Iffah Mutmainah, S.Pd. Acara selesai pada pukul 12.00 WIB dengan foto bersama. (Sofyan)

Baca juga: Tujuh Aset Sekolah Modal Branding Berkemajuan 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top