Grup Riset FISIP UNS Adakan FGD Pengembangan Pendampingan Masyarakat di Desa Plumbon Kabupaten Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Kelompok HRG-UNS melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) Pengembangan Pendampingan Masyarakat Desa dalam mewujudkan SGDs Desa di Desa Plumbon.


Grup Riset FISIP UNS Adakan FGD Pengembangan Pendampingan Masyarakat di Desa Plumbon Kabupaten Sukoharjo

Solo- majalahlarise.com -Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan konsep pembangunan berkelanjutan yang bertujuan untuk menciptakan kondisi manusia yang dapat hidup sehat, sejahtera, dan harmonis dengan alam sekitarnya di saat ini dan masa depan. Pada hari Sabtu, 6 Juli 2024 kelompok HRG-UNS melaksanakan FGD (Focus Group Discussion) Pengembangan Pendampingan Masyarakat Desa dalam mewujudkan SGDs Desa di Desa Plumbon. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Plumbon, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Kegiatan ini diketuai oleh dosen Sosiologi, Dr. Ahmad Zuber, S.Sos., D.E.A sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari Pengabdian Pengembangan Pendampingan Masyarakat Desa dalam Mewujudkan SDGs Desa di Desa Plumbon. Kegiatan FGD Pengembangan Pendampingan Masyarakat Desa dalam mewujudkan SGDs Desa di Desa Plumbon ini dihadiri oleh 15 peserta dari Desa Plumbon. Dalam kegiatan ini juga hadir Kepala Desa Plumbon, Eko Hariyanto, S.E., S.Sos. 

Diskusi FGD berlangsung dengan mendiskusikan tentang beberapa 17 poin tentang SDGs, yaitu desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan yang baik, pendidikan berkualitas, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah usulan mengganti penggunaan pupuk kimia dengan pupuk organik. 

Salah satu peserta yang merupakan kelompok tani menyampaikan penggunaan pupuk kimia lambat laun dapat merusak tanah. Hal tersebut ditanggapi oleh peserta lain yang mengusulkan untuk dapat mengadakan pelatihan kesadaran penggunaan pupuk organik, untuk membuat masyarakat sadar penggunaan pupuk organik. 

Selain itu, diskusi juga membahas mengenai pengelolaan sampah sampah organik dan non organik di Desa Plumbon. Dalam diskusi tersebut disampaikan pengelolaan sampah di Desa Plumbon saat ini sementara hanya ada bank sampah untuk sampah non organik yang dikelola oleh kelompok PKK.

Selain itu, Kepala Desa Plumbon juga menyampaikan Desa Plumbon telah bekerja sama dengan lembaga Pengelola sampah untuk menangani permasalahan pengelolaan sampah di Desa Plumbon. Kegiatan FGD Pengembangan Pendampingan Masyarakat Desa dalam mewujudkan SGDs Desa di Desa Plumbon ini selesai pada pukul 12.00. (Sofyan)

Baca juga: Mahasiswa ISI Surakarta Bergabung Magang di PT. Vastu Astri Pradana 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top