Karya Eksplorasi Karakter Wayang Purwa Hasil Riset Kompetitif Nasional Dipajang dalam Design dan Creative International Exhibition (DECENTERION) 2024

Print Friendly and PDF

Dr. Sri Hesti Heriwati, M.Hum dengan mahasiswa beserta karya yang dipamerkan di DECENTERION 2024.


Karya Eksplorasi Karakter Wayang Purwa Hasil Riset Kompetitif Nasional Dipajang dalam Design dan Creative International Exhibition (DECENTERION) 2024

Solo- majalahlarise.com -Melalui olah digital dari karakter wayang purwa sebagai tahapan eksplorasi dalam riset lintas bidang ilmu dengan tim yang diketuai oleh Dr. Sri Hesti Heriwati, M.Hum beserta tim dosen lainnya. Karya digital dalam prosesnya melibatkan tim dosen yang dibantu oleh mahasiswa berhasil lolos kurasi dan dipamerkan dalam Design & Creative International Exhibition (DECENTERION) 2024.

Karya ini sebagai bagian luaran dalam Hibah DRTPM dari skim Penelitian Kompetitif Nasional Tahun Pelaksanaan 2024 dengan judul Transformasi Karakter Wayang Purwa Koleksi Museum Radya Pustaka Sebagai Media Pelestarian, Edukasi, dan Rekreasi Untuk Milenial Melalui Animasi Motion Graphic.

Dimana anggota tim yang terdiri dari Sri Murwanti, SE., MM. sebagai dosen Ekonomi UMS, Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds, dan M Harun Rosyid Ridlo, M.Sn yang keduanya sebagai dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Beberapa pengunjung melihat karya yang dipajang dalam DECENTERION 2024.


Pameran tingkat internasional Decenterion 2024 dengan mengusung tema “Unload, Unfold, Unleash: One World Many Stories” yang mengajak para seniman dan desainer dari berbagai belahan dunia untuk menggali, membuka, dan mengekspresikan cerita-cerita unik dari seluruh penjuru dunia. Event yang diselenggarakan oleh Prodi Desain Komunikasi Visual UPN Veteran Jawa Timur ini dibagi 3 (tiga) kategori yaitu Desain Grafis, Visual Marketing, dan Visual Multimedia.

Pelaksanaan pameran pada 1-2 Juli 2024 di Balai Pemuda Surabaya, yang berlokasi di Jl. Gubernur Suryo No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur yang dikuratori oleh Assoc. Prof. Ahamad Tarmizi Azizan (Malaysia), yang merupakan Presiden ASIAN Southeast Digital Art Association (ASEDAS International) dan Hendy Wicaksono (Indonesia), seorang fotografer dan konten kreator yang diikuti oleh peserta baik dari dalam dan luar negeri, seperti Malaysia, Madagaskar, China, Spanyol, dan yang lainnya.

Sri Hesti Heriwati menjelaskan karya ini yang juga bagian dari riset diharapkan agar seni tradisi, khususnya wayang purwa ini semakin berkembang dan dilestarikan. "Selain itu pelaksanaan riset yang juga melibatkan mitra dari Museum Radyapustaka Surakarta ini bertujuan melalui penerapan teknologi multimedia, karakter wayang bisa dapat diterima oleh semua kalangan, khususnya generasi muda," imbuhnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top