Kirab Budaya Nusantara, Tutup Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 di UHW Perbanas

Print Friendly and PDF

Pelepasan diwarnai dengan acara Kirab Budaya Nusantara yang menampilkan beragam budaya daerah asal mahasiswa.


Kirab Budaya Nusantara, Tutup Kegiatan  Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 di UHW Perbanas

Surabaya- majalahlarise.com -Mahasiswa nusantara yang hadir di Universitas Hayam Wuruk Perbanas kini dilepas kembali ke daerah asalnya. Mereka telah menyelesaikan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 4 Inbound di UHW Perbanas selama satu semester genap tahun 2023-2024. Pelepasan diwarnai dengan acara Kirab Budaya Nusantara yang menampilkan beragam budaya daerah asal mahasiswa.

Koordinator PMM UHW Perbanas, Titis Puspitaningrum Dewi Kartika, S.Pd., M.SA. CTA., menuturkan pada PMM Batch 4 ini UHW Perbanas menerima 37 mahasiswa nusantara yang tersebar 26 perguruan tinggi di Indonesia.

”Selain belajar tentang akademik, mereka juga belajar nonakademik yaitu bernama modul nusantara. Jadi, kegiatan modul nusantara itu meliputi refleksi, kebhinekaan, jalan-jalan, dan mengenal budaya di Kota Surabaya dan sekitarnya di Jawa Timur,” terangnya selepas acara, Sabtu (27/7).

Selama hadirnya program PMM dari Kemdikbudristek, Titis dan timnya mengajak mahasiswa nusantara mengenal budaya Kota Surabaya secara merata sesuai periode masing-masing. Namun, budaya yang ikonik seperti Tugu Pahlawan selalu jadi pilihan yang harus jadi agenda wajib.

Baca juga: Tingkatkan Keterampilan Menulis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Univet Bantara Delegasikan 5 Dosen Mengikuti Workshop Menulis Artikel Ilmiah Berbantuan Artificial Intelligence (AI)

Lantas, terkait budaya UHW Perbanas kuliahnya pertama dimulai pagi pukul 06.15 pagi, ada sejumlah mahasiswa nusantara yang belum terbiasa. ”Yang dari luar pulau (jawa) ini masih kesulitan. Jadi, akhirnya mereka sangat bisa untuk menyesuaikan,” tambahnya. 

Pihaknya pun berharap kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini terus tetap diadakan oleh pemerintah. “Karena ini memang sangat berkesan sekali, baik bagi pengelola, mahasiswa yang menjalani, maupun dosen pengampu mata kuliah merasa senang bisa berbaur dengan mahasiswa nusantara sehingga banyak pelajaran yang dipetik,” harapnya.

Sementara, Rindu Sefira, mahasiswi asal Universitas Hamzanwadi ini memiliki kesan yang sangat luar biasa selama satu sementer yang dijalaninya. Hal yang disenangi selama kegiatan adalah berkumpul bersama temannya se-nusantara dan bertukar pendapat sesuai pribadi, karakter daerah masing-masing. ”Itulah yang sangat seru,” kesan mahasiswi asal Lombok itu. 

Lantas budaya Surabaya yang dikenalnya soal makanan adalah petis. “Kalau orang Surabaya itu nggak akan jauh dari Namanya Petis. Itu salah satu budaya yang Rindu dapatkan di sini dan nggak Rindu dapati di Lombok,” ungkap mahasiswi program studi Pendidikan Ekonomi itu.

Adapun 26 kampus di Indonesia yang mengirimkan mahasiswanya ke UHW Perbanas untuk mengikuti program PMM Batch 4, antara lain: STKIP Andi Mattappa, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Jambi, Universitas Tadulako, Universitas Prima Indonesia, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Hamzanwadi, Universitas Dharmawangsa, Universitas Warmadewa, Universitas Adzkia, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Universitas Kristen Indonesia Maluku, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Bung Hatta, Universitas Lancang Kuning, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Katolik Santo Thomas, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Ichsan Gorontalo Utara, Universitas Baiturrahmah, Universitas Samudra, dan Universitas Timor. (Eko/ Sofyan)

Baca juga: Wujudkan Sekolah Aman Bencana, Ratusan Siswa SMP Muhammadiyah PK Belajar Mitigasi Bencana bersama MDMC PDM Solo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top