Mahasiswa MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Berkegiatan dengan Gerkatin melalui Workshop Batik Shibori

Print Friendly and PDF

Peserta Workshop saat menunjukkan karya batik shibori hasil buatannya.

Mahasiswa MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Berkegiatan dengan Gerkatin melalui Workshop Batik Shibori

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa MBKM Mandiri ISI Surakarta kembali berkegiatan bersama GERKATIN. Gerkatin atau Gerakan Kesejahteraan Tunarungu merupakan komunitas nasional yang tersebar di Indonesia, salah satunya adalah Kota Surakarta. Kegiatan kali ini adalah workshop batik shibori yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2024 lalu. Workshop ini dilaksanakan di markas gerkatin yaitu Jl. Apel III No. 27 Jajar, Laweyan, Surakarta.

Kegiatan MBKM Skema proyek kemanusiaan ini dibimbing oleh Kristina Novi S, dan beranggotakan 3 mahasiswa dari prodi yang berbeda yaitu Agellina Intan P.G, Palupi Arum, dan Bagas Sultan W. Peserta yang mengikuti workshop ada 15 orang, 14 diantaranya merupakan tuli. 

Mahasiswa MBKM Mandiri ISI, Palupi Arum menerangkan kegiatan workshop batik shibori bertujuan untuk memperluas kreatifitas teman tuli dalam dunia batik. selain itu kegiatan workshop batik shibori mengolah kreatifitas teman tuli dengan membuat berbagai motif - motif unik yang terbentuk dari rangkaian ikatan. Batik shibori atau batik ikat celup ini merupakan salah satu teknik dalam membatik yang sederhana. Motif akan terbentuk sesuai area yang terikat oleh tali dan tidak menyerap warna. Pewarna kain yang digunakan adalah pewarna kimia napthol dan diaplikasikan pada kain totebag. Setelah jadi, teman tuli yang mengikuti workshop ini bisa membawa pulang hasil karya mereka. 

Workshop ini pun tak hanya diikuti oleh teman tuli, namun juga teman dengar. Dalam komunikasi antara pemateri dan peserta dibantu oleh DVO (deaf volunteer organization) di Solo untuk menerjemahkan bahasa isyarat. 

"Dengan adanya workshop ini diharapkan peserta memiliki kemampuan membuat batik ikat celup yang dapat dikembangkan lagi dan dapat berpeluang menjadi produk komersil. Sehingga dari kegiatan ini dapat bermanfaat lebih jauh lagi untuk mensejahterakan teman - teman tuli," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top