PBSI Univet Bantara Berupaya Menaikkan Score SINTA Author demi Lolos Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat KEMDIKBUDRISTEKDIKTI

Print Friendly and PDF

 

Kegiatan sinkronisasi data SINTA bersama Dekan FKIP, Rani Darmayanti, dan Dosen-dosen PBSI Univet Bantara Sukoharjo. Rabu (10/7/2024).


PBSI Univet Bantara Berupaya Menaikkan Score SINTA Author demi Lolos Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat KEMDIKBUDRISTEKDIKTI

Sukoharjo- majalahlarise.com -Sinkronisasi indexing artikel jurnal ilmiah perlu dilakukan secara berkala, terutama saat dosen sudah menyelesaikan proses publikasi ilmiah. Baik itu prosiding, jurnal nasional, jurnal internasional, maupun publikasi ilmiah dalam bentuk lainnya. Selain itu, semakin update akun SINTA dosen maka semakin tinggi skor SINTA yang diraih. Sehingga memudahkan pihak-pihak terkait mengetahui kinerja terbaru Anda di dunia akademik sekaligus membuka peluang mendapat penilaian tinggi dan positif.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan peningkatan Kompetensi Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) melalui sinkronisasi data SINTA,  Dekan FKIP Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd. mengatakan Dosen sebaiknya perlu melakukan sinkronisasi SINTA untuk dijadikan agenda rutin dan wajib dilakukan oleh para dosen. 

"SINTA sendiri merupakan laman yang menjadi pusat riwayat publikasi ilmiah dosen di seluruh Indonesia. Laman SINTA kemudian terhubung dengan sejumlah database indeksasi seperti Scopus, Google Scholar, Garuda, dan lainnya. Sehingga hanya mengunjungi SINTA maka seluruh kinerja publikasi ilmiah dosen bisa diketahui," terangnya.

Sependapat dengan Dekan FKIP, Pemateri dari CV Bimbingan Belajar Assyfa, Pasuruan, Jawa Timur yang biasa disapa Rani mengatakan, jangan sampai keliru, gagal, ataupun tidak pernah update SINTA. Jangan lupa, Ketika mau update data di SINTA, harus dimulai dengan melakukan sinkronisasi Google Schoolar. Selanjutnya sambung ke akun Garuda, dilanjutkan lagi Academia.Edu., dan lainnya. Indexing artikel itu tidak hanya ini, melainkan masih banyak indexing-indexing berlabel internasional yang bereputasi. Perlu pula dosen-dosen melakukan update kompetensi diri. Dengan harapan nantinya Score SINTA akan naik.

Ketua pelaksana, Dr. Muchlis Fajar W., M.Pd menyampaikan luaran dari pelaksanaan workshop kegiatan ini ialah sinkronisasi data-data bapak/ibu Dosen PBSI untuk bisa masuk penilaian indexing. Minimal sinkornisasi akun google schoolar, akun garuda, akun Academia.Edu, dan lain-lain.

"Selain itu, dari workshop ini bapak/ibu dosen bisa menyelesaikan naskah buku yang berjudul “Buku Pedoman Sinkronisasi Akun Orchid.Id” secara otomatis nantinya jika Bapak-Ibu dosen menulis artikel di Tingkat Internasional akan lebih mudah diterima karena banyak karya tulis Bapak-Ibu yang sudah tercatat di akun orchid.id. tersebut," paparnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top