Peningkatan Keterampilan Kepenyiaran Mahasiswa PBSI FKIP Univet di Stasiun Radio SWIBA Karanganyar sebagai Ajang Mempromosikan Program Studi

Print Friendly and PDF

  

Dosen pengampu, Dr. Dewi Kusumanigsih, M.Hum bersama mahasiswa Prodi PBSI saat praktik siaran di stasiun radio SWIBA.

Peningkatan Keterampilan Kepenyiaran Mahasiswa PBSI FKIP Univet di Stasiun Radio SWIBA Karanganyar sebagai Ajang Mempromosikan Program Studi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Salah satu Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia ialah membekali keterampilan mahasiswa dalam bidang kepenyiaran. Dosen pengampu, Dr. Dewi Kusumanigsih, M.Hum. mengajak mahasiswa secara langsung untuk merasakan, melakukan, dan melihat hasil dari kepenyiaran yang dilakukan. Praktik secara langsung ini memberikan pengalaman yang berharga kepada mahasiswa kami. Mulai dari menyiapkan materi yang akan disampaikan, gaya penyampaian, intonasi saat menyampaikan, sampai pada membentuk karakter yang menjadi keunikan atau pembeda seorang penyiar dengan penyiar lain. Praktik secara langsung ini dilakukan  minggu-minggu sebelum Ujian Akhir Semester. 

Salah satu kesan dan pesan dari mahasiswa yang diajak untuk praktik langsung di bidang kepenyiaran ini, Ahmad (Mahasiswa PBSI Angkatan 2021) mengatakan, sangat merasakan dampak positifnya dari kegiatan ini. 

"Awal-awal pertemuan di Stasiun Radio SWIBA ini saya tidak bisa berkata apa-apa ketika sudah dihadapkan mikrofon. Rasa malu, gemetar, dan yang paling parah tidak bisa berkata apa-apa. Setelah kegiatan ini, secara pribadi, jujur saya merasakan perbedaan yang signifikan pada diri saya. Sampai tidak terasa ketika berbicara di depan mikrofon, terasa pendek waktunya. Serasa ingin menambah jam ketika siaran. Inilah yang menjadi poin terpenting dalam perkuliahan kepenyiaran di semester ini," terangnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Drs. Suparmin, M.Hum. mengatakan dalam rangka meningkatkan IKU Perguruan Tinggi, program studi mencoba meningkatkan Kerjasama kemitraan di dalam negeri ataupun luar negeri. Salah satu mitra kita di Karanganyar yaitu Stasiun Radio SWIBA. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa PBSI dalam mencapai Profil Lulusan PBSI yang Unggul, Berkarakter, Memiliki Jiwa Edupreuner, dan Mandiri dengan dilandasi nilai kejuangan. 

"Gayut bersambut, kegiatan praktik langsung di Stasiun Radio SWIBA, kita manfaatkan untuk mempromosikan program studi. Semoga dengan kegiatan promosi sampai ke Karanganyar ini bisa menambah animo mahasiswa baru untuk mendaftar di PBSI. Saya ucapkan terima kasih pula kepada Dosen Pengampu dan Mitra yang sudah memaksimalkan kemitraan selama ini. PBSI-UNGGUL, PBSI-BISA, PBSI-JAYA!" harapnya. (Sofyan)

Baca juga: MPKSDI se Solo Raya Wacanakan Setara D1 Pendidikan Kemuhammadiyahan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top