Penutupan MPLS Puluhan Siswa Lepas Balon dan Menulis Cita-Cita

Print Friendly and PDF

Siswa menulis cita-cita sebagai simbol semangat belajar sepanjang hayat ditempel pada papan.


Penutupan MPLS Puluhan Siswa Lepas Balon dan Menulis Cita-Cita

Solo- majalahlarise.com - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) pada tahun ajaran baru 2024/2025 dilakukan beragam cara. Di sekolah penggerak SD Muhammadiyah 1 Solo Jawa Tengah pada hari terakhir penutupan MPLS, puluhan siswa menerbangkan balon dan menulis cita-cita sebagai simbol semangat belajar sepanjang hayat.

Pada Jumat (26/7/2024), mulai pukul 08.00 ratusan siswa kelas 1ABCD berkumpul di halaman sekolah sehat berkarakter. “Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan pada tanggal 24 - 26 Juli 2024. Hari ini penutupan dengan lepas balon, dan melepas kartu MPLS. Serta sebanyak 112 siswa menulis cita-cita. Aku datang untuk belajar. Cita-cita dalam genggamanku,” kata Kepala Sekolah Penggerak Sri Sayekti.

Sejumlah guru, berusaha mengatur para siswa agar bisa menunggu melepaskan balon secara bersama-sama ke udara. Namun sebagian dari mereka tampak antusias, penuh riang melepaskan balon ke udara terlebih dahulu tanpa menunggu aba-aba karena ada fasilitas drone Solo untuk mengabadikan momen spesial tersebut.


Baca juga: Raker Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kota Bengawan Dorong Penguatan Dakwah Kultural hingga Pengoptimalan Media Digital 

Sesuai jadwal MPLS hari pertama ada pengenalan dan Menyanyikan Lagu “Mars SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta & Tepuk SD Muhi“. Pembagian door prize. Pengenalan Program al islam, Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab (ISMUBA), Pengenalan Tata Tertib dan Pembagian door prize. Pengenalan Wali Kelas dan Guru Pengampu Mata Pelajaran Kelas I. 

“Hari kedua Latihan Upacara. Observasi Lingkungan Sekolah. Istirahat. Membuat Karya Seni dari Kertas Origami. Informasi Sekolah. Persiapan Pulang dengan membaca doa,” ujar anggota Diksuspala Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.

MPLS merupakan hal yang penting dilakukan untuk peserta didik yang baru saja memulai belajar dalam suatu satuan pendidikan, mengingat perlunya adaptasi peserta didik baru pada lingkungan, teman, guru dan lainnya.

“Maka sangat dibutuhkan bimbingan dan arahan untuk mengenali lingkungan sekolah tersebut. Kegiatan MPLS sangat urgen digelar, selain untuk menyambut siswa baru dan mengenalkan program sekolah serta memotivasi siswa secara keseluruhan untuk siap dalam belajar di tahun ajaran 2024-2025,” ucapnya, sambil tersenyum.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 1, Azza yang bercita-cita ingin menjadi dokter dan youtuber, sangat senang bisa masuk sekolah sehingga dapat belajar bersama teman-temannya. (Sofyan)

Baca juga: Kirab Budaya Nusantara, Tutup Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 di UHW Perbanas



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top