Prof. Dr. Anita Trisiana Dikukuhkan Sebagai Guru Besar ke-6 Unisri Surakarta

Print Friendly and PDF

Rektor Unisri Surakarta, Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd saat mengalungkan samir kepada Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd, MH dalam prosesi pengukuhan Guru Besar. 


Prof. Dr. Anita Trisiana Dikukuhkan Sebagai Guru Besar ke-6 Unisri Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd, MH merupakan Guru Besar ke-6 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta dan merupakan Guru Besar ke-5 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hal ini disampaikan Rektor Unisri Surakarta, Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd dalam sambutan pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd, MH. Bertempat di Auditorium kampus. Rabu (3/7/2024).

"Saat ini masih ada beberapa teman Dosen sejawat yang ajuan Guru Besarnya masih dalam proses. Harapannya semoga dalam waktu yang tidak lama segera mendapatkan persetujuan dan ditetapkan dalam surat keputusan," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, dirinya meyakini dengan pengukuhan Guru Besar hari ini akan dapat membuka motivasi dan inspirasi kepada seluruh Dosen yang ada di Unisri untuk meraihnya. Selain itu pidato pengukuhan yang telah disampaikan Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd, MH sejalan dan sesuai dengan bidang keahlian atau kepakaran yang disandang yakni bidang ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

"Berdasarkan hasil riset menunjukan saat ini pembelajaran PPKN di sekolah kurang menarik dan cenderung membosankan salah satu faktornya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu, adanya project citizen yang ditawarkan oleh Prof. Anita diharapkan akan menjadi solusi alternatif untuk mengatasi persoalan dalam pembelajaran PPKN di sekolah," paparnya.

Baca juga: Empat Mahasiswa Unisri Solo Laksanakan Program Kreativitas Mahasiswa di SMK Muhammadiyah 3 Nogosari Boyolali

Disampaikan pula, persoalan karakter menjadi sorotan pembicaraan publik oleh banyak kalangan. Hal ini disebabkan karakter merupakan hal yang mendasar dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Kita meyakini Indonesia dapat maju kuat dan  hebat akan sangat tergantung dari karakter bangsanya karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Pihaknya berharap kepada Prof. Dr. Anita Trisiana diraihnya Guru Besar dapat terus berkontribusi positif melalui pikiran kritisnya sebagai akademi terhadap persoalan yang muncul di masyarakat khususnya terkait dengan pembelajaran dan karakter.

Sementara itu, Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd , MH dalam pidato orasi Ilmiah berjudul Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Project Citizen Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter.

"Pemanfaatan teknologi artifical Intelligence dalam pendidikan kewarganegaraan melalui pengembangan pembelajaran Smart Mobile Civic berbasis Project Citizen sangat membantu dan mendorong kemudahan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi baik dalam mencari materi dan referensi pembelajaran, mengerjakan tugas dan kuis maupun mendorong kemampuan literasi, kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, kreativitas, kewarganegaraan dan pengembangan karakter," paparnya.

Dijelaskan pula, adanya virtual mentor, voice asistent, smart content dan presentation translator mampu merangsang pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang menarik dan membangkitkan semangat belajar, menghasilkan sikap intelektual sebagai dampak pengiring pembelajaran. (Sofyan)

Baca juga: Menengok Pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025 SMP Negeri 8 Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top