Tim PKM Prodi BK FKIP Unisri Beri Bimbingan dan Konseling MBKM bagi Guru KB-TK MTA

Print Friendly and PDF

Tim PKM Prodi BK FKIP Unisri saat memberi bimbingan dan konseling MBKM bagi guru KB-TK MTA.

Tim PKM Prodi BK FKIP Unisri Beri Bimbingan dan Konseling MBKM bagi Guru KB-TK MTA

Solo- majalahlarise.com -Tim PKM dari Progam Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unisri Solo mengadakan sosialisasi dan pelatihan keterampilan bimbingan dan konseling MBKM untuk anak KB -TK bagi para Guru-guru KB-TK MTA Jebres. Tim diketuai oleh Prof. Dr Hera Heru Sri Suryanti, dengan anggota Linda Dwi Sholikhah, MPd. dan mahasiswa Yumnaa Khoirunnisa,  

Menurut ketua tim, sosialisasi dan pelatihan itu dinilai penting dilakukan karena masih banyak guru KB-TK yang minim pengetahuan dan keterampilan tentang bimbingan dan konseling MBKM untuk anak-anak KB-TK.

Selain itu masih banyak pula anak KB-TK yang sudah memiliki masalah yang harus dibantu menyelesaikan, karena apabila tidak terselesaikan akan mengganggu perkembangan anak. 


Baca juga: Tim PPK Ormawa DKV ISI Surakarta Hadirkan CEO Agrotama Semesta Lestari Gelar Workshop Pertanian

Prof. Hera Heru mengatakan, selama ini para guru masih terbebani dengan Kurikulum MBKM sehingga kurang waktu untuk mendampingi secara khusus pada anak yang punya masalah. Padahal, semua anak yang dilahirkan pasti punya masalah, baik masalah pribadi, masalah sosial, masalah belajar, dan masalah karir. 

Oleh sebab itu, dari sosialisasi dan pelatihan keterampilan bimbingan dan konseling MBKM para Guru KB-TK dapat menguasai teori dan terampil mempraktikkan untuk membantu anak-anak mengatasi masalahnya. 

"Anak-anak dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki akan bisa tumbuh berkembang secara wajar dan optimal apabila masalah yang dimiliki bisa diatasi," kata Prof Hera. 

Di akhir kegiatan, Kepala KB-TK MTA Jebres Solo Farida Tri Astuti mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan keterampilan bimbingan dan konseling MBKM itu.

Kegiatan tersebut dinilai sangat bermanfaat. " Saya berharap kegiatan lanjutan bisa dilaksanakan di tingkat Rayon," kata Farida.

Sementara itu, kegiatan PKM yang diselenggarakan selama tiga hari, tanggal 4, 5, dan 6 Juni 2024 itu berjalan lancar dan sukses mencapai tujuan. Para Guru KB-TK juga sangat antusias dan bersemangat mengikuti jalannya kegiatan dengan berpartisipasi dalam tanya jawab maupun latihan yang diberikan. (Sofyan)

Baca juga: Prodi PGSD FKIP UNIVET BANTARA Menyiapkan Calon Guru Asik


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top