Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Bimbing KKN Kelompok 163 Ajak Masyarakat di Desa Sambirobyong Magetan Untuk Peduli Sampah

Print Friendly and PDF

 

KKN Kelompok 163 menginisiasi kegiatan sosialisasi bertajuk Membangun Kesadaran Lingkungan melalui Peduli Sampah dan Bank Sampah.


Dosen Prodi Ilmu Sejarah FIB UNS Bimbing KKN Kelompok 163 Ajak Masyarakat di Desa Sambirobyong Magetan Untuk Peduli Sampah

Solo- majalahlarise.com -Dosen Program Studi (prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr. Yusana Sasanti Dadtun, M.Hum. menjadi Dosen Pembimbing Lapangan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 163, yang dilakukan di Desa Sambirobyong Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Melalui kegiatan ini KKN Kelompok 163 menginisiasi kegiatan sosialisasi bertajuk Membangun Kesadaran Lingkungan melalui Peduli Sampah dan Bank Sampah.

Dr. Yusana ditemui di sela kegiatan mengatakan sosialisasi yang diramu KKN Kelompok 163 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat desa mengenai pentingnya pengelolaan sampah. 

“Kegiatan ini mendorong secara aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui bank sampah sehingga menciptakan lingkungan desa yang nyaman dan bersih serta mendapatkan keuntungan dari sampah. Program ini dilakukan dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) kesehatan dan kesejahteraan yang menjamin kehidupan sehat serta mempromosikan kesejahteraan bagi semua usia,” tuturnya. 

Sosialisasi dilaksanakan pada Rabu (7/8/2024) pagi di Balai Desa Sambirobyong, dengan diikuti oleh Masyarakat Sambirobyong. Sukarana selaku Kepala Desa Sambirobyong merasa sangat beruntung, beliau mengatakan melalui kegiatan ini, akan banyak wawasan terkait bank sampah yang dapat digunakan untuk membangun konstruksi kemajuan desa. Dalam kegiatan ini Masyarakat Sambirobyong dapat menghasilkan produk berupa sofa dan meja yang terbuat dari ecobrick. 

“Produk-produk ini tidak hanya menunjukkan kreativitas dalam memanfaatkan sampah plastik, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan. Program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Desa Sambirobyong untuk terus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,”  terang Dr. Yusana.

Sukarna juga memberikan harapan pada KKN Kelompok 163 semoga masyarakat lebih paham dan peduli pada sampah. Harapan saya selaku Kepala Desa Sambirobyong dengan adanya program KKN ini dapat membangkitkan wawasan dan kesadaran peduli sampah pada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK yang berperan besar mengelola sampah di rumah dan bank sampah ini,” pungkasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top