Gelar Karya P5 SMAN 1 Manyaran Tumbuhkan Kreativitas dan Cinta Budaya Nusantara

Print Friendly and PDF

 

Siswa saat menampilkan tarian adat daerah.

Gelar Karya P5 SMAN 1 Manyaran Tumbuhkan Kreativitas dan Cinta Budaya Nusantara

Wonogiri- majalahlarise.com -Berbagai atraksi keragaman adat seni dan budaya Nusantara serta hasil karya kreatif siswa SMA Negeri 1 Manyaran dipamerkan dalam Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan Global dan Rekayasa Teknologi yang diikuti siswa kelas XI dan XII. Bertempat di halaman sekolah. Kamis (15/8/2024).

Kepala SMAN 1 Manyaran, Budiono saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan gelar karya dengan dua tema berbeda yaitu Kebhinekaan Global dan Rekayasa Teknologi sesuai tujuan P5 salah satunya mencari solusi dari permasalahan yang ada dalam rangka membentuk kreativitas, gotong-royong dan sebagainya yang ditampilkan dan terlihat dari karya siswa. Sekaligus bisa membuat siswa berpikir kritis atau mencari solusi yang ada di masyarakat meskipun tatarannya dalam hal sederhana.

"Mudah-mudahan siswa bisa mengembangkan pola berpikir kritis untuk masalah yang lebih besar dengan berbagai kreativitas dari nilai-nilai lain yang bisa menguatkan siswa, selain dari proses pembelajaran mata pelajaran juga menunjukkan hasil belajar dari karakter di SMA Negeri 1 Manyaran," terangnya.

Siswa saat memperagakan alat pemarut kelapa dari kaleng susu bekas.

Salah satu siswa dari kelas 12 F4 Jelita mengatakan bersama kelompoknya membuat karya alat pemarut kelapa dari kaleng bekas dan limbah kayu. 

"Latar belakang pembuatan karya ini untuk mengurangi limbah kaleng susu dan mendorong kreativitas siswa. Fungsi alat ini untuk mempermudah memarut kelapa di rumah tangga," ungkapnya. (Sofyan)

Baca juga: Prodi HI Unisri Gelar Lokakarya Peran Pemerintah dalam Mendukung Potensi Daerah di Era Global





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top