Mahasiswa PPG Prajab Univet Laksanakan Projek Kepemimpinan KUMA P5 di SDN Kenep 03 Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Mahasiswa PPG saat membimbing siswa SDN Kenep 03 membuat kerajinan bunga dan pot bunga dari sampah plastik.


Mahasiswa PPG Prajab Univet Laksanakan Projek Kepemimpinan KUMA P5 di SDN Kenep 03 Sukoharjo 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajab Gelombang 1 Tahun 2024 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo melaksanakan Projek Kepemimpinan KUMA P5 (Kumpulan Modul Projek P5) di SDN Kenep 03 Sukoharjo. Sabtu (31/8/2024). 

Mahasiswa PPG Prajab, Noviani Puspitasari menyampaikan Projek Kepemimpinan KUMA P5 berupa penerapan salah satu tema dari 6 topik dalam P5 yaitu hidup berkelanjutan dengan tema pengolahan limbah sampah plastik. 

"Mengingat di SD ini peserta didik konsumtif setiap pagi memegang cup plastik dan sedotan plastik di mana-mana bahkan bapak ibu guru menyuruh membuang ke sampah. Daripada dibuang bisa dibuat kerajinan bunga, pot bunga," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan sesuai topik hidup berkelanjutan diharapkan anak-anak bisa mencetuskan ide dan kreatif dari sampah menjadi kerajinan yang bisa menghasilkan uang. "Kebetulan di daerah Kenep ini ada industri batik jadi anak-anak bisa memanfaatkan galon bekas diberi gambar batik dijadikan hiasan pot bunga," tuturnya.

Mahasiswa PPG Prajab Univet saat foto bersama dosen pembimbing PPG dan Kepala SDN Kenep 03.

 

Baca juga: Sosialisasi Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah PK Banyudono

Disampaikan pula, tujuan KUMA P5 ini membantu menyediakan referensi modul projek kepemimpinan P5 bagi tenaga pendidik khususnya di Sekolah Dasar di era kurikulum merdeka. Sebagai inspirasi mewujudkan implementasi dari modul Project penguatan profil pelajar Pancasila. Untuk memunculkan gagasan atau ide ide kreatif dari pengadaan penguatan P5.

"Kita membuat buku PUMA P5 ini mengingat di Kabupaten Sukoharjo setelah kita melakukan observasi ternyata buku P5 ini kurang memadai. Selain itu kreasi setiap sekolah berbeda sekolah satu dengan yang lain. Untuk di Pulau Jawa ini bisa menggunakan KUMA P5," paparnya.

Dosen Pembimbing PPG Univet Bantara Sukoharjo Para Mitta Purbosari, M.Pd menyampaikan mahasiswa PPG Prajab ini sangat kreatif menghasilkan 3 buku dari 3 kelompok dengan membuat buku PUMA P5.

"Buku PUMA P5 masing-masing fase. fase A ada 6, fase B ada 6 dan fase C ada 6. Buku ini nantinya di ISBN. Mahasiswa sangat kreatif dan ini bisa bermanfaat dalam penerapan projek profil pelajar Pancasila," jelasnya.

Kepala SDN Kenep 03, Nuur Hayati, S.Pd, M.Pd saat ditemui disela-sela kegiatan  mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPG Prajab ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam pemanfaatan sampah plastik menjadi barang berguna dan bisa dijual.

"Kedepannya siswa bisa membuat kreasi dari sampah plastik menjadi produk kerajinan yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari yang bisa dijual untuk menambah uang saku," terangnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top