Mahasiswa PPL PPG Manfaatkan Galon Bekas Sebagai Hiasan di Taman SD Negeri Mojorejo 02

Print Friendly and PDF

Mahasiswa PPL PPG saat membuat hiasan taman di SD Negeri Mojorejo 02.

Mahasiswa PPL PPG Manfaatkan Galon Bekas Sebagai Hiasan di Taman SD Negeri Mojorejo 02

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa PPG dari Univet Bantara melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di salah satu SD Negeri yang berada di Kabupaten Sukoharjo, SD Negeri tersebut yaitu SD Negeri Mojorejo 02 yang terletak diujung timur Kabupaten Sukoharjo. Mahasiswa PPL PPG bekerjasama dalam memanfaatkan barang bekas. 

Kita ketahui bersama banyak galon-galon bekas yang hanya sekali pakai saja, hal ini apabila dibiarkan akan menyebabkan pencemaran lingkungan, untuk itu mahasiswa PPL PPG memanfaatkan galon bekas  untuk hiasan di taman sebagai sebuah solusi mengurangi pencemaran lingkungan. 

Galon bekas yang awalnya hanya ditumpuk di Gudang dan tidak digunakan kini disulap menjadi hiasan yang indah. Galon bekas tersebut dipotong menggunakan Cutter pada bagian atasnya sehingga membentuk seperti sebuah tabung. Setelah galon dipotong, galon bekas tersebut dilukis dengan menggunakan cat warna merah dan hijau supaya terlihat indah, tak hanya itu galon bekas kemudian di beri tulisan dengan menggunakan pilox berwarna putih yang bertuliskan SDN MOJOREJO 02 untuk menambah kecantikan pada galon bekas tersebut ditambahkannya gambaran bunga-bunga di sekeliling tulisan, setelah galon bekas kering setelah dicat maka galon tersebut diisi dengan bebatuan untuk lebih memperkokoh isi pada galon supaya tidak mudah goyah ketika diterpa angin, galon bekas tersebut kini menambah keindahan di lingkungan sekolah SDN Mojorejo 02.

Galon bekas kini menambah keindahan di lingkungan sekolah SDN Mojorejo 02.

Baca juga: Kamabiran Giritontro Pimpin Langsung Upacara HUT ke-63 Pramuka

Salah satu mahasiswa PPG, Sofa Binti Masruroh mengatakan, galon adalah jenis sampah plastik yang tebal dan tidak bisa cepat terurai karena terbuat dari bahan plastik untuk itu manfaatkanlah galon bekas tersebut menjadi hiasan di taman. 

“Galon itukan terbuat dari bahan plastik yang tebal tentunya tidak bisa cepat terurai, saya dan teman-teman mahasiswa lain berinisiatif untuk memanfaatkan galon ini dengan dijadikan hiasan di taman untuk menambah keindahan di lingkungan Sekolah," ucapnya.

Kegiatan pemanfaatan galon bekas dijadikan hiasan di taman ini dilakukan oleh mahasiswa PPL PPG dari Univet Bantara yang terdiri dari dua gelombang yang pertama Mahasiswa PPG Gelombang 2 tahun 2023 dan Gelombong 1 tahun 2024. Mereka saling bekerjasama demi terselesaikan program pemanfaatan galon bekas sebagai hiasan di taman sekolah.

Mahasiswa PPG Fiskawati Derate Asprila mengungkapkan, kegiatan pembuatan hiasan dengan memanfaatkan galon bekas ini menambahkan pengalaman bagi kami sebagai calon guru untuk belajar berkontribusi dengan lingkungan sekolah. 

“Kami mahasiswa PPL PPG di sekolah tidak hanya diajarkan tentang cara mengajar saja tetapi juga kegiatan non mengajar, supaya nantinya ketika kami sudah benar-benar terjun langsung dalam dunia Pendidikan kami tidak kaget dengan kegiatan lain diluar kegiatan mengajar, dan kegiatan pembuatan hiasan dari galon bekas ini adalah salah satu contohnya untuk kami belajar bagaimana berkontribusi langsung kepada lingkungan sekolah, kegiatan ini memberikan kami pengalaman sebagai calon guru,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SD Negeri Mojorejo 02 sekaligus Guru pamong mahasiswa PPL PPG Kartika Purwitasari, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, sangat mengapresiasi atas kerjasama mahasiswa PPL PPG untuk kegiatan semacam ini. "Hasil karya pemanfaatan galon bekas ini sangat bermanfaat bagi sekolah tidak hanya memperindah lingkungan sekolah, tetapi juga memberikan kesan yang positif kepada para siswa dan wali murid untuk memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan kembali," pungkasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top