Penampilan Tari Roro Jonggrang SMP Negeri 4 Satap Karangtengah Mantap

Print Friendly and PDF

Tampilan tari Roro Jonggrang dari SMP Negeri 4 Satap Karangtengah.

Penampilan Tari Roro Jonggrang SMP Negeri 4 Satap Karangtengah Mantap

Wonogiri- majalahlarise.com -Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, berlangsung dengan penuh antusias dan meriah. Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan momen bersejarah ini, salah satunya penampilan tari Roro Jonggrang dari SMP Negeri 4 Satap Karangtengah. Senin (26/8/2024).

Salah satu penampilan yang paling menyita perhatian penonton adalah persembahan tari kolosal Roro Jonggrang dari siswa-siswi SMP N 4 Satap Karangtengah. Dalam balutan kostum yang mencolok dan indah, para siswa menampilkan tarian yang memukau dengan penuh semangat dan keindahan gerakan yang tersinkronisasi. Penampilan tari kolosal ini tak hanya menonjol dari segi visual, namun juga dari segi artistik dan sejarah yang diangkat.

Tarian ini mengisahkan legenda Roro Jonggrang, sebuah cerita rakyat yang telah menjadi bagian dari kekayaan budaya Indonesia. Melalui penampilan ini, siswa-siswi SMP N 4 Satap Karangtengah berhasil menghidupkan kembali kisah tersebut di tengah-tengah masyarakat Desa Jeblogan. 

Kepala SMP N 4 Satap Karangtengah, Cundoko, SPd., M.Pd, mengungkapkan rasa bangganya atas penampilan siswa-siswinya. Ia menyebutkan pihak sekolah sengaja menyiapkan penampilan yang istimewa untuk turut menyemarakkan perayaan HUT RI tingkat Desa Jeblogan Kecamatan Karangtengah.

“Kami sangat bangga dengan siswa-siswi kami yang telah bekerja keras menyiapkan penampilan ini. Selain tari kolosal Roro Jonggrang, Semoga penampilan ini dapat memberikan hiburan sekaligus kebanggaan bagi masyarakat Jeblogan sebagai peduli budaya bangsa,” ungkap Cundok.

Lebih lanjut, Cundok menyampaikan partisipasi dalam gelar budaya ini tidak hanya sekadar memeriahkan acara, namun juga menjadi ajang untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada para siswa. Ia berharap, melalui kegiatan ini, para siswa dapat lebih menghargai sejarah dan budaya Indonesia serta tumbuh menjadi generasi yang cinta akan tanah airnya. (Syarif)

Baca juga: Pelopor Sekolah Amanah Antikorupsi Pertama di Indonesia


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top