Siswa SMAN 1 Manyaran Raup Untung Jutaan Rupiah Manfaatkan Jualan di Media Sosial

Print Friendly and PDF

Erlina siswa kelas XII SMAN 1 Manyaran saat berbagi pengalaman berjualan menggunakan media sosial WhatsApp dalam kegiatan literasi digital media sosial.


Siswa SMAN 1 Manyaran Raup Untung Jutaan Rupiah Manfaatkan Jualan di Media Sosial

Wonogiri- majalahlarise.com -Keberadaan media sosial jika digunakan secara aktif dan kreatif akan mampu menghasilkan pendapatan serta mengasah kompetensi diri dalam bidang pemasaran berbasis digital. Hal ini terungkap saat salah satu siswa kelas XII SMA Negeri 1 Manyaran, Erlina menceritakan pengalaman menggunakan media sosial WhatsApp untuk berjualan secara online dalam kegiatan literasi digital media sosial SMAN 1 Manyaran dengan menghadirkan praktisi media online, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos. Bertempat di halaman sekolah. Jum'at (23/8/2024).

"Saya sudah berjualan online menggunakan WhatsApp sejak kelas X. Alhamdulillah sudah dapat penghasilan capai jutaan rupiah. Jualan sampai saat ini tiap bulannya dapat keuntungan antara 300 ribu sampai 500 ribu," ujar Erlina.

Selain Elina masih banyak siswa yang mengaku memiliki akun di sosial media Instagram maupun tik tok dengan pengikut lebih dari 1000 pengikut. Konten yang diunggah mengenai hobi maupun penjualan produk.

Kepala SMAN 1 Manyaran Budiono diwakili Waka Kurikulum, Sutanti, S.Pd menyampaikan tujuan diadakan literasi digital memberikan bekal informasi tentang perkembangan dan pemanfaatan media sosial digital secara bijaksana.

"Harapannya dengan adanya literasi digital peserta didik mampu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi untuk hal-hal yang baik dan positif pada saat pembelajaran, bersosialisasi ataupun konten-konten di media sosial," harapnya.

Baca juga: FGM Kabupaten Boyolali Siapkan Sosialisasi Buku Ismuba Berbasis Aktivitas

Dalam pemaparan materi, Sofyan Yuli Antonius menjelaskan keberadaan media sosial saat ini sebagai media komunikasi yang mudah menyampaikan pesan secara cepat. Selain itu menjelaskan manfaat positif yang bisa diperoleh dari media sosial dalam pengembangan pembelajaran, ketrampilan dalam bidang konten kreator digital, serta pekerjaan sebagai konten kreator media sosial yang dibutuhkan saat ini.

"Manfaat media sosial untuk hal-hal yang positif, untuk belajar, berdiskusi serta berbagi informasi yang positif. Ketika mengakses media sosial perlu menyaring konten yang tidak pantas jangan dishare. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mengasah ketrampilan jadi konten kreator maupun berjualan produk," jelasnya.

Sofyan juga berpesan kepada siswa SMAN 1 Manyaran untuk berkarya membuat konten yang membangun, menginspirasi serta mengasah ketrampilan dan bakat serta hobi yang dimiliki. Selain itu menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand image atau citra positif sekolah.

"Berbagai program kegiatan yang telah dilaksanakan sekolah dapat dibagikan kepada masyarakat luas melalui media sosial berupa foto, video, tulisan yang dikemas secara jelas, apik dan menarik sehingga branding sekolah semakin meningkat kualitasnya," ujarnya. (Yuan)

Baca juga: FKIP sebagai Kawah Candradimuka untuk Menghasilkan Guru dan Dosen Abad XXI yang Berkarakter, Unggul, dan Kreatif




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top