SMA IT Nur Hidayah Gelar Upacara Hari Pramuka ke-63 Angkat Tema Lokal Nusantara dan Palestina

Print Friendly and PDF

Proses penyerahan rompi.

SMA IT Nur Hidayah Gelar Upacara Hari Pramuka ke-63 Angkat Tema Lokal Nusantara dan Palestina

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63, Dewan Ambalan SMA IT Nur Hidayah menyelenggarakan upacara Hari Pramuka dengan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila menjaga NKRI”. Upacara Hari Pramuka diikuti ±858 siswa SMA IT Nur Hidayah dari kelas X, XI, dan XII. 

Upacara Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2024 bertujuan untuk menyemarakkan Hari Pramuka ke-63. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap pramuka dan mempererat ukhuah antar siswa.

Ustaz Ihsan Fauzi, S.Si. M.M., selaku Kamabigus menyampaikan dengan menjadi pemimpin yang tangguh, para siswa dapat siap dan sigap dalam setiap keadaan, bertanggung jawab dan mampu melanjutkan estafet kepemimpinan serta melanjutkan perjuangan para tokoh.

Mengenalkan jamu sebagai minuman tradisional kabupaten Sukoharjo.


Hari Pramuka ini pangkalan SMA IT Nur Hidayah mengangkat tema lokal Nusantara dan Palestina. Lokal Nusantara digunakan untuk melestarikan Sukoharjo sebagai kota jamu serta mengenalkan anggota pramuka dengan makanan tradisional gethuk dan ketan. Gethuk dan ketan disusun membentuk bendera Indonesia dan Palestina menjadi simbol solidaritas kemanusian antara Indonesia dan Palestina. 

Keunikan dari upacara Hari Pramuka tahun ini juga adalah penggunaan bahasa Jawa pada teks susunan upacara. Acara dilanjut dengan penampilan berupa variasi dan Dance semaphore dengan unsur kolaborasi nusantara dan masa kini oleh Komando Satuan Pramuka Nur Hidayah Hamka dan Malahayati. Upacara peringatan Hari Pramuka ditutup dengan orasi oleh Pradana masa bakti 2023/2024 dan Pradana masa bakti 2024/2025.

“Kami berharap Upacara Peringatan Hari Pramuka dapat memupuk semangat teman-teman terhadap kegiatan Pramuka, semangat berorganisasi dan rasa kebersamaan antar siswa," ujar Talita Riffat, selaku Pradana Malahayati Masa Bakti 2024/2025. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top