SMP Veteran 1 Manyaran Gelar Sosialisasi Literasi Digital untuk Peningkatan Belajar Siswa

Print Friendly and PDF

Narasumber Sofyan (Praktisi Media Online dan Jurnalis) saat menyampaikan materi tentang Literasi Digital untuk Peningkatan Belajar Siswa.

SMP Veteran 1 Manyaran Gelar Sosialisasi Literasi Digital untuk Peningkatan Belajar Siswa 

Wonogiri- majalahlarise.com -Perkembangan teknologi digital yang begitu cepat memberikan dampak positif maupun negatif bagi siapa saja yang menerima manapun sebagai pengguna. Jika teknologi digital digunakan secara positif mampu memberikan kemudahan dan mengembangkan potensi diri di dunia digital. Jika digunakan secara negatif dapat merusak diri sendiri maupun orang lain. Untuk itu diperlukan wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan dalam bidang digital. 

Hal ini disampaikan narasumber Sofyan (praktisi media online dan jurnalis) saat memberikan sosialisasi Literasi Digital untuk Peningkatan Belajar Siswa di SMP Veteran 1 Manyaran yang diikuti siswa kelas 7 hingga 9 serta orang tua siswa. Bertempat di aula sekolah. Jumat (16/8/2024).

"Kemajuan teknologi digital telah mengubah lanskap pendidikan, menciptakan peluang baru untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Literasi digital, yaitu kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan menciptakan konten digital, telah menjadi keterampilan yang sangat penting bagi siswa di era digital saat ini. Literasi digital tidak hanya membantu siswa untuk menjadi pengguna teknologi yang efektif, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi mereka," jelas Sofyan.


Baca juga: Sevaka SMP Muhammadiyah PK Meriahkan HUT ke-79 RI

Lebih lanjut Sofyan menerangkan manfaat literasi digital bagi siswa diantaranya literasi digital memungkinkan siswa untuk mengakses informasi, sumber daya, dan alat-alat pembelajaran yang lebih luas, sehingga meningkatkan efektivitas dan ketertarikan dalam proses belajar. Selain itu, Keterampilan literasi digital, seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi, merupakan keterampilan penting di abad 21 yang dapat membantu siswa untuk sukses di masa depan.

"Penguasaan teknologi digital dan literasi digital menjadi semakin penting di tempat kerja, sehingga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan," terangnya.

Disampaikan pula, literasi digital telah menjadi keterampilan yang vital bagi siswa di abad 21. Dengan mengintegrasikan literasi digital ke dalam proses pembelajaran, sekolah dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas sangat penting untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki akses dan dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan keterampilan literasi digital mereka. 

"Dengan komitmen dan upaya bersama, kita dapat memastikan siswa terlengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi warga digital yang bertanggung jawab dan sukses," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Veteran 1 Manyaran Sri Handayani menyampaikan tujuan diadakan sosialisasi ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa dan orang tua siswa tentang kemajuan dunia digital saat ini yang mampu digunakan sebagai media belajar siswa serta mendukung pelaksanaan pembelajaran di sekolah utamanya pelajaran TIK.

"Semoga siswa dan orang tua saling memahami kebutuhan belajar siswa utamanya penggunaan teknologi informasi atau smartphone bisa digunakan untuk belajar siswa. Sehingga ada dukungan dari orang tua untuk mengawasi penggunaan smartphone agar terhindar dari dampak negatif," harapnya. (Yuan)

Baca juga: Antusias, Anak Warga Perum Solo Elok dan Pesona Solo, Mojosongo Solo Ikuti Lomba Mewarnai Sambut HUT RI ke-79



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top