SMPN 1 Paranggupito Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui PBL

Print Friendly and PDF

Narasumber, Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd., M.Pd. saat menyampaikan materi workshop.

SMPN 1 Paranggupito Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui PBL 

Wonogiri- majalahlarise.com -SMP Negeri 1 Paranggupito menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui (PBL) Problem Based Learning dipandu oleh narasumber, Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd., M.Pd. Guru Penggerak angkatan 4, yang saat ini sebagai Pengajar Praktik. Sabtu, 10 Agustus 2024.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang metode pembelajaran berbasis masalah dan berbasis projek dan bagaimana pembelajaran itu menarik bagi siswa, apa yang dibutuhkan sesuai dengan problem dan projek yang dihadapi oleh siswa SMP Negeri 1 Paranggupito. 

Dalam workshop ini, Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd., M.Pd. memberikan penjelasan mendalam tentang konsep, prinsip, dan implementasi Problem Based Learning (PBL) dalam konteks pendidikan. Peserta workshop diajak untuk memahami bagaimana PBL dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna.

Selain itu, Sri Purwaningsih Trisnowati, S.Pd.,M  juga membagikan pengalaman praktis dalam menerapkan PBL di berbagai mata pelajaran, peserta workshop diberi kesempatan untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan merencanakan implementasi PBL dalam kurikulum. Apa yang disiapkan guru dalam pembelajaran, memahami model-model pembelajaran, media pembelajaran dan lainnya.

"Pengembangan TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan system pendidikan yang peningkatan pada kompetensi. Kegiatan diakhiri dengan refleksi. Belajar tanpa refleksi adalah sia-sia, refleksi tanpa belajar itu berbahaya," jelasnya.

Kepala SMP Negeri 1 Paranggupito, Assani Nugroho, S.Pd, M.Pd berharap workshop ini dapat memberikan wawasan baru dan meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Paranggupito serta membantu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia nyata dalam industri teknologi saat ini. (Syarif)

Baca juga: Kelola Univet Pos Edisi 24, Beri Pengalaman Kerja Jurnalistik Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top