KKG PAI Ngadirojo Sukses Gelar Lomba MAPSI SD ke-XXV

Print Friendly and PDF

Drs. Haryono, M.Pd
Korwilcam Biddik Ngadirojo saat menyerahkan tropi piala kepada pemenang lomba.


KKG PAI Ngadirojo Sukses Gelar Lomba MAPSI SD ke-XXV


Wonogiri- majalahlarise.com -KKG PAI Ngadirojo menyelenggarakan Lomba Mata Pelajaran Agama Islam dan Seni Islami Sekolah Dasar (MAPSI SD) ke-XXV tingkat kecamatan. Kegiatan yang diikuti oleh 502 peserta dari 41 sekolah dasar di Kecamatan Ngadirojo ini dibuka oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo (Korwilcam Bidik Ngadirojo). Bertempat di SDN 2 Ngadirojo, Aula Korwilcam Bidik Ngadirojo dan Masjid Taqwa Ngadirojo. Kamis, 19 September 2024.

Korwilcam Bidik Ngadirojo, Drs. Haryono, M.Pd menyampaikan dengan adanya lomba MAPSI diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik dalam agama Islam. Pelaksanaan Lomba MAPSI jenjang SD di Kecamatan Ngadirojo terdiri dari 12 cabang yang diperlombakan, yaitu: pengetahuan PAI dan BTQ putra putri, praktik wudlu dan salat putra putri, keterampilan iqamah dan adzan, seni Tilawatil Qur’an putra putri, Hifdzil Qur’an putra putri, seni khat Al Qur’an putra putri, seni kaligrafi putra putri, seni khitabah putra putri, seni macapat islami putra putri, seni keterampilan komputer islami putra putri, cerita islami putra putri, dan seni menyanyi duet lagu religi berpasangan.

"Kegiatan lomba MAPSI tingkat kecamatan ini bertujuan sebagai tolok ukur penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam SD dan keberhasilan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam SD di Kecamatan Ngadirojo, meningkatkan pengalaman ibadah salat dan menggairahkan belajar Al Qur’an bagi peserta didik SD di Ngadirojo, meningkatkan akhlakul karimah dan memupuk ukhuwah antar peserta didik, serta menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan hidup (life skill) rasa cinta dan seni yang islami," terangnya.

Peserta lomba MAPSI saat mengikuti upacara pembukaan.

Baca juga: Special Performance Grup Band dan Keativitas Potensi Siswa Semarakkan Milad ke-42 SMK Sudirman 1 Wonogiri

Haryono berharap dengan diadakannya lomba MAPSI di Kecamatan Ngadirojo ini dapat menghasilkan khalifah-khalifah serta talenta-talenta yang unggul di mata pelajaran agama Islam dan seni islami.

"Tahun kemarin ada lima cabang yang masuk di tingkat provinsi. Semoga tahun ini dapat menghasilkan talenta-talenta serta prestasi yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Hasil kejuaraan lomba MAPSI ini diumumkan pada pukul 15.15 WIB di halaman SDN 2 Ngadirojo. Adapun sekolah yang memperoleh juara pertama tingkat kecamatan Ngadirojo diantaranya adalah: SDN 1 Kasihan memperoleh juara I cabang lomba pengetahuan PAI dan BTQ putra, juara I cabang keterampilan iqamah dan adzan, SDN 3 Ngadirojo Lor juara I lomba pengetahuan PAI dan BTQ putri, SD IT Mutiara Hati juara I praktik wudlu dan salat putra, juara I seni khitabah putri, juara I cerita islami putra dan putri, juara I hifdzil Qur’an putra dan putri, SDN 2 Ngadirojo juara I praktik wudlu dan salat putri, juara I seni kaligrafi putra, juara I seni khitabah putra, dan juara I tilawatil Qur’an putra, SD IT Al Ukhuwah juara I Seni Khat putra dan putri, SDN 1 Mlokowetan juara I seni kaligrafi putri, SDN 3 Gemawang juara I seni macapat islami putra, SDN 3 Kerjo Kidul juara I seni macapat islami putri, SDN 1 Jatimarto juara I seni keterampilan komputer islami putra, SDN 1 Gemawang juara I seni keterampilan komputer islami putri, dan SDN 3 Kerjo Lor juara I seni menyanyi duet lagu religi berpasangan. Juara pertama pada setiap cabang lomba berhak untuk maju ke tingkat kabupaten Wonogiri. (Sofyan)

Baca juga: Sekda Kota Surakarta Apresiasi Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top