Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 Univet Bantara Sukoharjo Menggelar Karya Projek Kepemimpinan

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor 1, Dr. Sri Hartati, M.P saat mengunjungi stand gelar karya Projek Kepemimpinan PPG Prajab Univet Bantara Sukoharjo.


Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 Univet Bantara Sukoharjo Menggelar Karya Projek Kepemimpinan

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar Karya Projek Kepemimpinan dengan memamerkan hasil karya pembelajaran yang telah diikutinya selama satu semester. Bertempat di Auditorium kampus. (25/9/2024).

Rektor Univet Bantara Prof. Dr. Farida Nugrahani diwakili Wakil Rektor I Dr. Sri Hartati, M.P saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan gelar karya ini terus dikembangkan oleh para mahasiswa yang semakin hari produknya semakin bagus. Terlebih produknya sampai dikomersialisasi.

"Saat ini produk ada hak cipta, produk layak dibeli namun belum dikomersialisasi. Harapan kami kerja keras mereka bisa dikemas lebih baik lagi produknya akan lebih bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Salah satu pengunjung stand kelompok 3 mencoba membuat ecoprint dengan menumbuk daun hijau di atas kain putih.


Baca juga: Semarak Milad Muhammadiyah ke-112, Ini Agenda Acaranya

Lebih lanjut dikatakan Sri Hartati, expo maupun gelar karya diadakan ini produk dari mahasiswa dapat dilihat oleh masyarakat kampus dan masyarakat sekitar. Ke depan bisa kita publish lagi lebih luas. Sehingga harapan kontribusi Universitas ini tetap kepada masyarakat umumnya juga Indonesia tercinta," tuturnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Univet Bantara, Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd mengatakan gelar karya projek kepemimpinan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2024 ini merupakan kegiatan rutinitas akhir pembelajaran Projek Kepemimpinan. Kegiatannya menyiapkan laporan dan produk-produk projek kepemimpinan selama satu semester mulai dari produk digital, produk sederhana sifatnya orientasi pada uang dan tidak. Produk ada buku, hak cipta, media permainan, alat peraga pembelajaran dan masih banyak lagi.

"Harapannya kegiatan ini sangat berharga bagi mahasiswa untuk melatih jiwa kepemimpinan pada diri mahasiswa. Biasanya kalau lewat teori saja tidak cukup, ini untuk melakukan aksi nyata. Kalau dalam praktek di lapangan, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat mereka bisa langsung dipraktekkan kepemimpinan bagaimana berkomunikasi dengan warga desa, DPL, warga sekolah," harapnya.

Salah satu Mahasiswa PPG Prajabatan dari kelompok 3 PGSD 2, Umi Nur Hidayati menjelaskan projek kepemimpinan yang dibuat kelompoknya yaitu ecoprint dari daun hijau dan kain. 

"Untuk pembuatannya kita bentuk daun mengeluarkan warna pindah ke kain. Untuk tahan warnanya setelah kita bentuk di kain, kita keringkan baru direndam dengan air tawas selama satu malam lalu dikeringkan baru bisa dipakai. Tidak boleh dicuci dengan deterjen ini seperti batik tulis nyucinya harus ekstra lembut," jelasnya. (Sofyan)

Baca juga: Tapak Suci SD Muhammadiyah 1 Solo Dinobatkan Juara Umum III Tingkat Nasional


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top