Mengabdi untuk Negeri, Dosen PBSI FKIP Univet Bantara Melakukan Pendampingan sebagai Narasumber Lokakarya Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 2

Print Friendly and PDF

Lokakarya Penguatan Komunitas Belajar di Satuan Pendidikan PSP Angkatan ke-2 di SMPN 12 Surakarta.


Mengabdi untuk Negeri, Dosen PBSI FKIP Univet Bantara Melakukan Pendampingan sebagai Narasumber Lokakarya Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 2

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dalam rangka menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd, dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara, berperan aktif sebagai narasumber dalam Lokakarya Penguatan Komunitas Belajar di Satuan Pendidikan PSP Angkatan ke-2 yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah, pada tanggal 6-7 September 2024 di SMP Negeri 12 Surakarta.

Lokakarya ini dihadiri oleh para kepala sekolah, guru, dan pengawas Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 2 dari berbagai sekolah negeri dan swasta di wilayah Surakarta. Program Sekolah Penggerak ini merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, diharapkan dapat terbentuk sekolah-sekolah yang mampu menjadi teladan dalam meningkatkan pembelajaran dan budaya sekolah.

Sebagai narasumber, Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd., membagikan pengetahuan dan pengalaman mengenai Penguatan Komunitas Belajar yang telah disiapkan oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah, serta memberikan panduan praktis tentang Pendampingan Penguatan Komunitas Belajar PSP 2 kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Materi yang disampaikan mencakup 3 ide besar Komunitas Belajar di satuan Pendidikan, Pelaksanaan Kegiatan Komunitas Belajar, serta Rencana Aksi Nyata yang akan dilakukan dalam penguatan Komunitas Belajar di sekolah. 


Baca juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISH Univet Bantara Lolos Penerima Beasiswa UKT QLC Baitulmaal Muamalat

"Kami sangat berterima kasih atas kehadiran dan kontribusi Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd. dalam lokakarya ini. Pandangan dan wawasan yang beliau sampaikan memberikan inspirasi bagi para peserta untuk lebih mengembangkan potensi sekolah masing-masing," ujar Menik Fitriyani, selaku koordinator panitia dari BBGP Provinsi Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd. menekankan pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah, mitra, tendik, pengawas sekolah dalam mendorong transformasi pendidikan di Indonesia.

"Peran dosen dalam pengabdian masyarakat tidak hanya terbatas di lingkungan kampus, tetapi juga harus memberikan dampak langsung kepada masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan. Melalui kegiatan seperti ini, kita bisa bersama-sama menciptakan pendidikan yang lebih berkualitas" jelas Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd. (Sofyan)

Baca juga: ISI Solo Gelar Kuliah Umum tentang Gamelan Masa Lalu bersama Peneliti Spanyol, Ángela López Lara



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top