MPBI Univet Bantara Sukoharjo Gelar Workshop Sukses Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah Internasional dan SINTA Tinggi

Print Friendly and PDF

Pelaksanaan workshop bertajuk "Sukses Publikasi Artikel Ilmiah Jurnal Internasional dan SINTA Tinggi" MPBI Program Pascasarjana Univet Bantara Sukoharjo.


MPBI Univet Bantara Sukoharjo Gelar Workshop Sukses Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah Internasional dan SINTA Tinggi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (MPBI) Program Pascasarjana Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar workshop bertajuk "Sukses Publikasi Artikel Ilmiah Jurnal Internasional dan SINTA Tinggi". Acara yang berlangsung dari 6 hingga 22 September 2024 ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Mukti Widayati, M.Hum (Direktur Pascasarjana Univet Bantara) dan Dr. Benedictus Sudiyana (Dosen MPBI Univet Bantara).

Dr. Mukti Widayati, yang juga menjadi narasumber utama dalam workshop tersebut, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini yakni mempersiapkan mahasiswa untuk menulis artikel yang dapat dipublikasikan di jurnal berkelas internasional maupun SINTA 1 dan 2. "Kami melaksanakan workshop 82 JP agar mahasiswa mampu menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal SINTA 1, SINTA 2, serta jurnal internasional. Ini merupakan bagian dari tugas akhir mereka di Pascasarjana MPBI Univet Bantara," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Dr. Mukti, workshop ini digelar selama 82 JP dengan pertemuan intensif selama empat hari penuh pada akhir pekan. Selama kegiatan, peserta diberikan materi komprehensif yang mencakup pengenalan jurnal internasional dan SINTA, strategi pemilihan jurnal, teknik menulis artikel berkualitas, hingga simulasi pengajuan artikel jurnal. Selain itu, mahasiswa juga dibimbing dalam penggunaan aplikasi seperti Mendeley dan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menyusun artikel ilmiah mereka.


Baca juga: SMA Muhammadiyah PK Sambi Adakan Eksplorasi Laboratorium MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta 

"Kami juga memberikan materi mengenai etika publikasi, revisi artikel, serta pendampingan penyusunan artikel secara daring maupun luring, agar para mahasiswa lebih siap menghadapi proses publikasi jurnal ilmiah," ungkapnya.

Workshop ini dirancang untuk mendukung mahasiswa menyelesaikan tugas akhir dengan cepat dan tepat waktu. Selain Tesis, mahasiswa diwajibkan menulis artikel ilmiah sebagai syarat kelulusan, sesuai dengan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2023 yang menekankan pentingnya publikasi akademis di luar lingkup Tesis.

Menariknya, pada angkatan kali ini, tiga mahasiswa berhasil lolos dalam hibah penelitian yang didanai, yaitu Andianto Kurniawan, Nuryani Pancawati, dan Sri Sundari. Ketiganya saat ini sedang dalam proses penelitian dengan artikel yang sudah siap dipublikasikan.

"Ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk mengikuti jejak mereka, terutama dalam meraih hibah penelitian dan publikasi di jurnal bergengsi," terangnya. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah 1 Solo Terima Visitasi UNS Eco-Friendly School Award 2024


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top