SD Muhammadiyah PK Solo Siapkan Peserta Didik Hadapi Akil Balig

Print Friendly and PDF

Narasumber salah satu orang tua murid, dr. Ambar Aliwardani, Sp.D.V.E. saat memberikan pengetahuan terkait masa akil balig atau pubertas yang akan dihadapi para murid.


SD Muhammadiyah PK Solo Siapkan Peserta Didik Hadapi Akil Balig

Solo- majalahlarise.com -Sebanyak 55 murid kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengikuti kegiatan parents day di sekolah setempat dengan tema "Mempersiapkan Anak Menuju Masa Akil Balig", Sabtu (31/8/2024).

Kegiatan parents day merupakan program unggulan sekolah yang menghadirkan orang tua sebagai guru di dalam kelas. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama komite kelas dengan pihak sekolah. 

Koordinator kelas V, Arsyadana menyampaikan kegiatan parents day sangat penting disosialisasikan kepada para murid untuk memberikan pengetahuan terkait masa akil balig atau pubertas yang akan dihadapi para murid.

"Sedini mungkin, murid dikenalkan tanda-tanda pubertas bagi anak laki-laki dan perempuan supaya mereka tidak kaget ketika mengalaminya dan segera dapat menanganinya sesuai langkah-langkah yang dianjurkan. Kesiapan mental inilah yang perlu kita edukasi kepada para murid," terangnya.


Baca juga: Siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro Antusias Ikuti Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tak kalah menariknya, kegiatan parents day kelas V menghadirkan narasumber salah satu orang tua murid, dr. Ambar Aliwardani, Sp.D.V.E. dan Ustaz Muhammad Iqbal Tantowi.

Kegiatan parents day diawali dengan mengaji dan doa bersama, dilanjutkan pembagian dua kelompok laki-laki dan perempuan. Masing-masing kelompok menempati ruangan terpisah dan mendapatkan edukasi tentang pubertas meliputi fase beserta ciri-cirinya.

Sesi pertama, murid perempuan mendapatkan materi persiapan akil balig dari segi kesehatan. Dokter Ambar, selaku narasumber memaparkan materi berupa tanda-tanda pubertas bagi perempuan, cara membersihkan darah menstruasi, dan langkah-langkah memakai pembalut.

"Tak perlu malu lagi jika kalian mengalami masa menstruasi itu tandanya kalian sehat. Kesuburan wanita terlihat salah satunya melalui siklus menstruasi yang lancar dan teratur," terangnya saat pemaparan materi.

Pada waktu yang bersamaan, murid laki-laki juga mendapatkan pembekalan tanda-tanda akil balig dari Ustaz Iqbal dari segi keagamaan.

Dalam materinya disampaikan perbedaan fisik yang dialami laki-laki dan perempuan yang mengalami masa akil balig, cara berpakaian menurut syariat Islam, dan batasan pertemanan dengan lawan jenis.

"Jaga fitrah kita, manusia hanya dilahirkan dengan dua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan. Bergaul dengan teman itu diperbolehkan, tapi ingat jika dia bukan mahram kita batasi dan jaga jarak kita dengannya," pesannya saat menyampaikan materi.

Sesi kedua, murid laki-laki dan perempuan dikumpulkan menjadi satu ruangan untuk mendapatkan materi mandi wajib. Hal ini perlu disampaikan mengingat para murid banyak yang belum mengetahui tata cara urutan mandi wajib yang benar sesuai syariat Islam. 

Salah satu murid kelas V, Bening Ayska Azalia Zahwa, merasa senang dan tertarik mengikuti kegiatan parents day kali ini.

"Ternyata, setiap anak akan melewati masa pubertas. Masa pubertas ini dapat memengaruhi keadaan fisik dan sikap seseorang. Dengan kegiatan ini, aku menjadi tahu cara menghadapi masa pubertas di masa mendatang," ucapnya. (Sofyan)

Baca juga: MASTAKA 2024 Menggali Potensi Kepemimpinan dan Organisasi Mahasiswa Baru



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top