Siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro Antusias Ikuti Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Print Friendly and PDF

Penampilan gelar karya dari kelas XI dengan tema kearifan lokal.


Siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro Antusias Ikuti Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Wonogiri- majalahlarise.com -Siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Wuryantoro menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digelar di halaman sekolah. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari, para siswa mempersembahkan hasil karya mereka sesuai dengan tema masing-masing kelas. Senin (2/9/2024).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ambrusius Kuncoro Brahmowisang, menjelaskan Gelar Karya P5 ini merupakan momen penting bagi para siswa untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka dalam berbagai tema yang diangkat. "Untuk kelas X, tema yang diusung adalah Bangunlah Jiwa dan Raganya, kelas XI mengangkat tema Kearifan Lokal, dan kelas XII dengan tema Rekayasa Teknologi," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam proses pemenuhan tema-tema tersebut, setiap siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Di dalam kelompok ini, muncul beragam gagasan dan ide yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing siswa. Proses ini tidak hanya memfasilitasi pengembangan kreativitas, tetapi juga memperkuat kerjasama, gotong royong, dan kemandirian para siswa.

Karya siswa kelas XII berupa rekayasa sablon.

Baca juga: MASTAKA 2024 Menggali Potensi Kepemimpinan dan Organisasi Mahasiswa Baru

"Tujuan dari kegiatan P5 ini adalah untuk penguatan karakter-karakter yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam kelompok, siswa diajarkan untuk bekerja sama, menunjukkan kreativitas, dan tetap menjaga ketakwaan dalam setiap aktivitasnya," tambahnya.

Disampaikan pula, kegiatan ini baru merupakan tahap pertama dari program P5. Setiap kelas akan melaksanakan beberapa projek lagi, dengan kelas X dan XI masing-masing akan menyelesaikan tiga projek, sementara kelas XII akan menyelesaikan satu projek. 

Ambrusius Kuncoro Brahmowisang berharap, dengan adanya Gelar Karya ini, siswa dapat semakin mengasah kreativitas mereka dalam menyikapi berbagai tema yang diangkat, serta meningkatkan kerjasama dan gotong royong baik di antara sesama siswa maupun dengan fasilitator projek. 

"Dengan adanya Gelar Karya ini, kita dapat melihat sejauh mana potensi siswa dalam mengaplikasikan P5 dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk generasi muda yang berkarakter kuat dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka," pungkasnya. (Sofyan)

Baca juga: Unik! TK ABA Kauman Gelar Simulasi Gempa Megathrust Sambil Bernyanyi dan Berbaris


1 komentar:

  1. Sbg alumni sy bangga, dulu blm ada kegiatan spt itu. Sy lihat lingkungan makin semarak dan asri, dulu masih gersang. Selamat belajar adik2

    BalasHapus


Top