UMKM Jumantono Semakin Cerdas Kelola Keuangan, Berkat Pengabdian Masyarakat dari FE UNISRI Surakarta

Print Friendly and PDF

Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta saat menyampaikan materi “Strategi Pengembangan UMKM dan Pelaporan Keuangan Sederhana bagi UMKM".


UMKM Jumantono Semakin Cerdas Kelola Keuangan, Berkat Pengabdian Masyarakat dari FE UNISRI Surakarta 

Karanganyar- majalahlarise.com -Kegiatan pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dari Tridarma perguruan tinggi selain bidang Pendidikan dan Research atau Penelitian telah dilaksanakan oleh tim dari Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan tema “Strategi Pengembangan UMKM dan Pelaporan Keuangan Sederhana bagi UMKM” telah berhasil meningkatkan pemahaman para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengenai pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Rabu (4/9/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta ini dihadiri oleh para pelaku UMKM Kecamatan Jumantono dari berbagai sektor. Para peserta antusias mengikuti pelatihan yang disampaikan oleh tim di bidang keuangan. Materi yang disampaikan mencakup strategi pengembangan UMKM,cara mencatat transaksi, membuat laporan laba rugi, hingga menyusun neraca sederhana.

Narasumber terdiri dari Dr. Edi Wibowo, SE, MM menyampaikan perlunya mengembangkan usaha melalui berbagai macam media, sehingga strategi pemilihan media harus sesuai dengan segmen pasarnya. Dr. Setyaningsih SU, SE, MM menyampaikan untuk continueitas usaha  perlu melakukan diversifikasi produk agar konsumen bisa di layani dengan berbagai macam varian produk misalnya untuk rambak kulit ,perlu varian rasa selain original, ada rasa pedas, barbeque dll, dengan varian rasa harapannya bisa meningkatkan volume penjualan.


Dr. Joko Kristianto,MSi menyampaikan pengelolaan keuangan, perlunya menentukan strategi keuangan  yang tepat dalam mencari sumber dana. Dr. Dewi SPA, SE, MSi, Akt menyampaikan pelaporan keuangan yang baik adalah kunci keberlangsungan sebuah usaha. Dengan memahami dasar-dasar akuntansi, para pelaku UMKM dapat mengontrol keuangan usaha mereka secara lebih efektif dan efisien.

Dalam sambutannya Camat Jumantono Gunawan SE,MM mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Kecamatan Jumantono dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan usahanya.

"UMKM diharapkan dapat tumbuh dan berkembang lebih baik serta berkontribusi pada perekonomian daerah. Harapannya Semoga masih ada keberlanjutannya untuk kegiatan pengabdian Masyarakat periode selanjutnya," (Sofyan)

Baca juga: 1875 Mahasiswa Baru Unisri Ikuti PKKMB Tahun Akademik 2024/ 2025


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top