Unik, Event DKV ACT 10 Tahun 2024 Resmi Dibuka Lewat Seremonial Aksi Menyablon

Print Friendly and PDF

Pameran dibuka seremonial berupa menyablon di sebuah kaos warna putih oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta dan beberapa undangan lainnya. 


Unik, Event DKV ACT 10 Tahun 2024 Resmi Dibuka Lewat Seremonial Aksi Menyablon

Solo- majalahlarise.com -Aksi unik dalam pembukaan DKV ACT 10 yang tahun bertepatan dengan 1 dekade penyelenggaraannya, dimana pameran yang dibuka seremonial berupa menyablon di sebuah kaos warna putih oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta dan beberapa undangan lainnya pada Kamis, 12 September 2024 dan dihadiri oleh Wakil Dekan, Kajur Desain, Kaprodi DKV, dosen, mahasiswa dan tamu undangan.

DKV ACT yang ke-10 ini mengangkat tema Aksesibilitas Transportasi Umum diselenggarakan di Galeri dan Museum Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Kampus Mojosongo ini menjadi sebuah platform inovatif bagi para desainer, termasuk yang berasal dari dalam maupun luar kampus, untuk mengungkapkan pandangan dan ide mereka terkait isu-isu sosial melalui karya seni visual.

Kegiatan DKV ACT merupakan kegiatan apresiasi karya tahunan ini menunjukkan konsistensi berkreativitas mahasiswa pada bidang desain komunikasi visual. Event tahunan keluarga besar Prodi DKV FSRD ISI Surakarta kembali digelar dan sangat berkesan karena sebagai perayaan 1 dekade DKV ACT yang digelar pertama kali pada tahun 2015.

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Solo Gelar Simulasi Mitigasi Bencana Bersama MDMC

Pameran yang digelar 12 - 14 September 2024 bertajuk “Pranala” dalam event kali ini yang artinya akses keterhubungan untuk menimbulkan pergerakan dan terciptanya perubahan yang lebih baik, tajuk ini dipilih dengan tujuan menyoroti pentingnya akses informasi seputar Kota Solo bagi wisatawan dan pengguna sarana moda transportasi umum Kota Solo, yaitu bus BST terkait dimana letak tempat wisata yang dilalui oleh moda transportasi umum untuk memberi akses kemudahan dalam menjangkau Kota Solo melalui transportasi umum.

Pengunjung yang didominasi anak muda terlihat memenuhi Galeri Seni dan Museum yang terletak di kampus Mojosongo, FSRD ISI Surakarta ini dengan antusias menikmati beragam karya yang dipamerkan. Selain itu lokasi pameran juga menjadi ajang berswafoto baik berkelompok maupun sendirian.

Kegiatan ini dirangkai dengan acara pendukung berupa pameran yang menampilkan karya visual mengenai moda transportasi umum di Solo dalam kisaran 80 karya bentuk komik, ilustrasi, UI/UX, games, infografis, dan instalasi.

Menurut Achmad Dian Alamsyah, selaku ketua panitia menjelaskan dalam rilis yang dikirim menjelaskan bahwa DKV ACT kali ini melibatkan seluruh mahasiswa prodi DKV FSRD ISI Surakarta dan desainer lainnya yang ikut berpartisipasi memamerkan karyanya dimana sekitar 100an peserta meramaikan pameran desain grafis ini. 

"Selain itu, DKV ACT menjadi wadah bagi desainer dalam menyampaikan pesan yang disampaikan melalui karya-karya dan kegiatan yang dikemas dalam bentuk pameran," imbuhnya.

Rendya Adi Kurniawan, M.Sn selaku Kaprodi DKV berharap dalam kegiatan rutin ini dapat meningkatkan kompetensi civitas akademik di tingkat program studi agar lebih berkembang dan meningkat di kedepannya ungkapnya disela-sela pembukaan pameran.

Event kreatif ini juga diisi beragam workshop yaitu 'Creative Journaling with Lettering and Calligraphy' yang akan dibawakan oleh Meuwy and Friends. Kemudian 'Creating Monograms and How to Market Them' oleh Nico dan Alib Isa, dan dilanjutkan dengan 'Pen Meet Up With Surakarya'. Workshop tersebut merupakan kerjasama Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dan komunitas pegiat lettering yaitu Surakarya. 

Selain workshop, juga digelar talkshow 'How Typeface Designer Sustain in Graphic Design Industry' yang menghadirkan Iqbal Firdaus dari Tegamitype, dan 'Aligning Historical Cultural Preservation with Today Context: Trought Branding' oleh Eric Widjaja dari Thinkingroom sebagai biro desain yang merancang identitas Visual perayaan 267th Adeging Mangkunegaran Surakarta, kegiatan ini ditutup dengan malam penghargaan dan hiburan musik pada 14 September 2024.

Sedangkan menurut Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum selaku Dekan FSRD ISI Surakarta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang terlibat sehingga terselenggara Pameran DKV ACT ke-10 ini terkhusus kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Terminal Bapak Taufiq Muhammad,. S.SiT, MT., yang telah memberikan fasilitas peminjaman Angkutan Feeder BST sebagai sarana transportasi bagi pengunjung yang akan menghadiri pameran DKVACT kali ini. 

Secara terpisah Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta menyampaikan Pemerintah Kota menaruh harapan besar kepada mahasiswa sebagai generasi pembaharu peradaban, agar kolaborasi ini tidak berhenti hanya sampai disini dan terus dilakukan untuk membantu terwujudnya Kota Surakarta sebagai Kota Kreatif, Seni dan Budaya yang ramah mobilitas, dengan meningkatnya kesadaran untuk menggunakan sarana transportasi umum supaya terhindar dari kemacetan dalam perjalanan menjelajahi pesona kota Solo.

Selain itu, sebagai media informasi dan publikasi disediakan dalam website yang mewadahi kegiatan apresiasi karya DKVACT#10 dengan beragam konten kegiatan secara daring melalui www.dkvact.com. (Sofyan)

Baca juga: Diskusi Ilmiah Metode Penelitian Sosial antar Dosen Ilmu Administrasi Negara FISIP Unisri


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top