BEM KM UNISRI Gelar Aksi Mimbar Bebas Bertajuk "September Hitam"

Print Friendly and PDF

Aksi Mimbar Bebas dengan tema "September Hitam" yang dilakukan BEM KM UNISRI.


BEM KM UNISRI Gelar Aksi Mimbar Bebas Bertajuk "September Hitam"

Solo- majalahlarise.com -Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) menggelar aksi Mimbar Bebas dengan tema "September Hitam" pada 30 September 2024. Aksi ini digelar untuk mengenang pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Indonesia, khususnya pada masa Orde Baru.

Presiden Mahasiswa BEM KM UNISRI, Raekhan Eka Ramadhan, dalam orasinya menegaskan aksi ini bertujuan untuk mengingatkan kembali masyarakat akan pelanggaran HAM berat yang terjadi pada bulan September. "Aksi Mimbar Bebas ini bertujuan untuk mengingat adanya pelanggaran HAM yang terjadi di negara ini, terutama pada bulan September, serta mengenang korban-korban kekerasan HAM yang telah dibunuh atau dihilangkan oleh aparat, khususnya pada masa Orde Baru," ujar Raekhan.

Aksi ini berlangsung di halaman timur Auditorium UNISRI dengan partisipasi antusias dari para mahasiswa. Mereka berpuisi, bernyanyi, dan memberikan orasi sebagai bentuk perlawanan terhadap segala bentuk pelanggaran HAM. Para mahasiswa juga mengangkat tangan kiri sambil berteriak "Hidup keadilan!" sebagai simbol perlawanan terhadap ketidakadilan yang masih terjadi di Indonesia.

Meskipun hujan turun saat aksi berlangsung, semangat para mahasiswa tidak surut. Dengan penerangan kampus yang minim, mereka menyalakan lilin sebagai simbol harapan dan penghormatan bagi para korban pelanggaran HAM yang telah berpulang. Doa bersama juga dilantunkan untuk para korban dan keluarga mereka yang masih berjuang mencari keadilan.

"Jangan takut sakit karena hujan. Hujan sore ini adalah tanda bahwa Tuhan menyetujui aksi kita. Tuhan juga bersedih melihat keadaan negara kita," kata Trio Muhammad Soleh, Menteri Aksi dan Propaganda BEM KM UNISRI. (Sofyan)

Baca juga: Berbagai Rangkaian Kegiatan Digelar Meriahkan HUT Ke-31 SMAN 1 Manyaran


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top