Kantin Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Menginspirasi dan Luar Biasa

Print Friendly and PDF

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sri Sayekti saat menerima Konsorsium Pendidikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu dalam kegiatan studi tiru.


Kantin Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Menginspirasi dan Luar Biasa

Solo- majalahlarise.com -Konsorsium Pendidikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Colomadu yang beralamat di komplek Masjid Sabilul Huda Gedongan Karanganyar, Jawa Tengah Studi Tiru di sekolah penggerak berkemajuan SD Muhammadiyah 1 Ketelan yang beralamat di Jalan Kartini No 1, Senin (21/10/2024). 

Rombongan yang berjumlah 22 peserta sangat antusias dalam rangka peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) konsorsium Pendidikan Muhammadiyah Colomadu.  

“Study tiru kantin sehat dan budaya mutu sekolah. Harapan kami hadir di sini untuk belajar bagaimana pengelolaan kantin sehat. Semoga apa yang ada di sini bisa diterapkan sekolah-sekolah Muhammadiyah Colomadu. Menginspirasi dan luar biasa,” ujar Ketua Konsorsium Arum Dyah Rifdianti.

Kepala Sekolah Sri Sayekti mengatakan kemanan pangan di kantin bisa dilihat dari sistem kontrol keamanan pangan jajanan anak, seperti melaksanakan uji air, melaksanakan uji usap, melaksanakan uji laborat makanan dan minuman dan melakukan uji Komposisi Gizi dalam makanan yang dijual.

“Lalu, sistem kontrol pengelola kantin dengan adanya kesehatan dan Kebersihan Karyawan. Pengendalian Hama, Sanitasi tempat dan Peralatan. Cara Pembersihan Bahan Pangan. Pengemasan Pangan dan Penyimpanan Pangan Matang,” ujar sayekti.

Disisi lain terkait pengadaan bahan baku, berkolaborasi dengan suplayer. “Alasan bekerja sama dengan suflayer adanya jaminan Kualitas lebih terjamin. Harga Lebih Murah. Mendapatkan lebih mudah. Bisa mengantar sampai di tempat. Komunikasi bisa sewaktu-waktu. Bisa ditukar barang tidak sesuai,” bebernya, sambil tersenyum.

Melalui studi tiru ini, Konsorsium Muhammadiyah Colomadu mendapat berbagai praktik baik untuk diterapkan kantin sehat di SD/MI hingga SMP Muhammadiyah. Seperti standar operasional prosedur (SOP) pengelolaan dan kelembagaan kantin sehat. 

Di antaranya tata kelola keuangan, pemilihan menu makanan dan minuman yang dijual, termasuk sistem pengawasan dan evaluasi standar kantin sehat.

“Pada dasarnya, apapun yang didapat dan diamati nanti, harus ditiru dan dimodifikasi. Istilahnya adalah ATM; Amati, Tiru, dan Modifikasi,” ujarnya.

Sementara itu, rombongan Konsorsium Pendidikan disambut Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sri Sayekti, Waka Kesiswaan S.W. Winarsi, Waka Kurikulum Imam Priyanto Bersama staf Sri Martono Lanjarsari dan Waka Humas Dwi Jatmiko. (Sofyan)

Baca juga: Murid SD Muhammadiyah PK Solo Gelar Fieldtrip di PGSD FKIP UMS 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top