Kegiatan Fieldtrip Kelas III SD Muhammadiyah PK Solo Latih Jiwa Kewirausahaan

Print Friendly and PDF

Murid kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo belajar kewirausahaan dan teknik pemasaran digital di PT Industri Djamu dan Pharmasi Tjap Djago


Kegiatan Fieldtrip Kelas III SD Muhammadiyah PK Solo Latih Jiwa Kewirausahaan

Solo- majalahlarise.com -Sebanyak 66 murid kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo belajar kewirausahaan dan teknik pemasaran digital di PT Industri Djamu dan Pharmasi Tjap Djago, Jl. Ki Mangunsarkoro 106, Semarang, Selasa (8/10/2024).

Koordinator kelas III, Atit Nur Ariyanna, menyampaikan kegiatan ini bagian dari program fieldtrip yang sudah direncanakan di awal tahun ajaran. 

"Konsep learning by doing terlihat saat para murid melakukan praktik nyata, aktif melakukan tanya jawab bersama tour guide, dan mampu mengeksplorasi pengetahuan yang ditemui di lokasi fieldtrip," tambahnya.

Mengangkat tema "Latih Jiwa Kewirausahaan Melalui Kunjungan Industri" kegiatan ini selaras dengan pembelajaran projek kelas III semester I dengan tema besar "Gaya Hidup Berkelanjutan."

Rombongan berangkat menuju lokasi kegiatan pukul 07.30 WIB. Suasana ceria terlihat jelas saat para murid kompak berdendang menyanyikan lagu yang mereka sukai di dalam bus yang melaju menyusuri jalan tol Solo-Semarang.

Membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan, rombongan tiba di lokasi fieldtrip. Tim PT Jamu Jago segera menyambut dan membuka kegiatan perjalanan kunjungan industri kali ini. Kegiatan inti diawali dengan pembagian dua kelompok besar yaitu tim putra dan putri. Setiap tim bertukar tempat untuk mendapatkan materi sejarah berdirinya PT Jamu Jago, berkeliling pabrik untuk mengetahui proses pemilihan bahan baku yang berkualitas, pengecekan kelayakan konsumsi di laboratorium, pengolahan jamu menggunakan teknologi modern, pengemasan, dan pemasaran via distributor serta digital. 

Kegiatan fieldtrip kali ini merupakan salah upaya melestarikan salah satu budaya Indonesia secara turun temurun. Jamu yang identik diminum untuk orang tua, sekarang dikemas lebih modern dan berinovasi menjadi kapsul dan cair yang praktis, cocok untuk gaya hidup masa kini tanpa mengurangi khasiat alaminya.  

Salah satu murid kelas III, Alfian Maulana Ario, sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan fieldtrip.

"Sekarang aku tahu, mengapa kita harus minum jamu. Selain untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, rasa jamu sekarang sudah variatif lebih enak dan menyegarkan," ucapnya.

Kegiatan fieldtrip diakhiri dengan mengunjungi Saloka Theme Park, Jl. Fatmawati No. 154, Gumuksari, Kec. Tuntang, Semarang. Para murid bisa menikmati semua wahana yang ditawarkan seperti zona pesisir, zona balalantar, zona ararya, zona segara prada, dan zona kamayayi.

Selain menjadi ajang refreshing, kegiatan ini juga untuk meningkatkan nilai-nilai gotong royong, kemandirian, dan bernalar kritis yang terdapat dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. (Sofyan)

Baca juga: Tari Cecapingan Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Meriahkan Diksuspala Region Jateng Region 3


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top