Kelompok KKN Univet Bantara Laksanakan Pengembangan Masterplan Eco-Technovillage dalam Peningkatan Dimensi Ekologi dan Pengentasan Kemiskinan Menuju IDM Desa Mandiri Berkelanjutan di Desa Sidorejo, Tirtomoyo, Wonogiri

Print Friendly and PDF

Pelaksanaan program kerja pengembangan potensi Kawasan. 

 

Kelompok KKN Univet Bantara Laksanakan Pengembangan Masterplan Eco-Technovillage dalam Peningkatan Dimensi Ekologi dan Pengentasan Kemiskinan Menuju IDM Desa Mandiri Berkelanjutan di Desa Sidorejo, Tirtomoyo, Wonogiri 


Sukoharjo- majalahlarise.com -Pelaksanaan kegiatan KKN dengan bantuan pendanaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2024 dengan judul KKN PENGEMBANGAN MASTERPLAN ECO-TECHNOVILLAGE DALAM PENINGKATAN DIMENSI EKOLOGI & PENGENTASAN KEMISKINAN MENUJU IDM DESA MANDIRI BERKELANJUTAN DESA SIDOREJO, TIRTOMOYO, WONOGIRI mulai diterjunkan tanggal 5 Agustus 2024. 

Kegiatan yang berlokasi di Dusun Towo, Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri merupakan kegiatan KKN-Tematik yang dilaksanakan selama 4 bulan, dimana kegiatan yang dilaksanakan akan di konversikan kepada beberapa mata kuliah.

KKN ini merupakan kelompok 26 dengan beranggotakan 22 orang yang terdiri dari 3 Program Studi, yaitu Teknik Sipil, Teknik Industri dan Manajemen dengan 3 DPL yaitu Ir. Iwan Ristanto, S.T, M.T sebagai ketua, Suprapto, S.T, M.Eng dan Ir. Tantin Pristyawati, S.T,M.T sebagai anggota dan mitra kegiatan adalah TPID Desa sidorejo, Pokmas KK miskin dan Pemerintah Desa Sidorejo. 

KKN Kelompok 26 dengan beranggotakan 22 orang yang terdiri dari 3 Program Studi, yaitu Teknik Sipil, Teknik Industri dan Manajemen dengan 3 DPL yaitu Ir. Iwan Ristanto, S.T, M.T sebagai ketua, Suprapto, S.T, M.Eng dan Ir. Tantin Pristyawati, S.T,M.T sebagai anggota.


Ir. Iwan Ristanto, S.T, M.T selaku ketua DPL menyampaikan Program kerja ada pada bidang sosial, ekonomi dan lingkungan yang dijabarkan pada program kerja prioritas sebagai berikut 1) Pemenuhan kebutuhan pokok sarana dasar bagi KK Miskin, 2) Penggunaan TTG untuk mendorong kemandirian KK Miskin, 3) Program Inovasi Desa (PID); Pemenuhan Listrik KK miskin berbasis Solar Cell, 4) Pengembangan Potensi Kawasan Eco-Techo Village Desa Sidorejo, 5) Pembentukan kelembagaan ekonomi desa; Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sampai pada minggu ke 5 kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pembuatan taman ruang terbuka hijau (RTH), pembuatan gapura dan pembuatan gazebo pada RTH masih berlangsung merupakan bagian dari program kerja pengembangan potensi Kawasan. Pembuatan kolam ikan lele pada buis beton dan penanaman sayuran bersama dengan masyarakat dan kelompok wanita tani (KWT) yang merupakan bagian dari prioritas pemenuhan kebutuhan KK miskin serta kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat. 

Reviewer Prof. Dr.Ir. Ali Mursyid, M.P dari LPPM Univet Bantara melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) internal.


Sedangkan program kerja yang masih dan akan berjalan yaitu Program Inovasi Desa pemenuhan listrik KK miskin berbasis solar cell, progress dari program kerja ini adalah sampai pada sudah tersedianya alat dan bahan, sehingga hanya menunggu pemasangan saja. Pembentukan kelembagaan ekonomi desa yang nantinya akan didampingi sampai pada masa kegiatan berakhir, hal ini dilakukan untuk menunjang keberlanjutan agar setelah kegiatan berakhir masyarakat bisa. Kegiatan KKN akan berlangsung kurang lebih selama dua bulan di tempat dan akan dilakukan pendampingan sampai kegiatan kegiatan berakhir dalam kurun waktu kurang lebih selama 4 bulan. 

"Selama masa kegiatan KKN, mahasiswa juga dibimbing oleh DPL baik secara daring maupun luring juga monitoring daily report," terangnya.

Monitoring dan evaluasi (Monev) internal juga sudah dilaksanakan secara luring ke lokasi dengan reviewer Prof. Dr.Ir. Ali Mursyid, M.P dari LPPM Univet Bantara dan Dr. Suranto dari UMS. Monev dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 27 September 2024, dengan kegiatan pemaparan progress dan peninjauan ke lapangan beserta seluruh DPL, mahasiswa juga mitra dan masyarakat. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top