Kolaborasi Beragam Workshop dan Creative Takshow dalam Swatantra Fest, Puncak Program MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Batch II Tahun 2024

Print Friendly and PDF

Sambutan Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum dalam pembukaan Swatantra Fest MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Batch II Tahun 2024.


Kolaborasi Beragam Workshop dan Creative Takshow dalam Swatantra Fest, Puncak Program MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Batch II Tahun 2024

Solo- majalahlarise.com -Agenda yang digelar pertama kali berupa kegiatan yang menggabungkan berupa Workshop, Creative Talkshow, Penandatangan Kerjasama MoA dan IA, Screening Film, Awarding MBKM dan Insentif KI, Menggambar Massal Siswa SD, dan Promosi FSRD ISI Surakarta ini digelar selama 2 (dua) hari Selasa - Rabu, 8 - 9 Oktober 2024.

Tampak peserta yang menghadiri acara pembukaan memenuhi Mini Cinema Lab Terpadu Multimatra SBSN ISI Surakarta ini, baik pimpinan dan pejabat kampus, mitra kerjasama, mahasiswa peserta MBKM Mandiri, tamu undangan, dan mitra sponsor sehingga event berjalan meriah.

Sebagai puncak acara MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta maka digelar Swatantra Fest MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Batch II Tahun 2024 yang dibuka oleh Rektor ISI Surakarta, Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum ini juga menghadirkan pertunjukkan berupa tari dari anak-anak Forum Buah Hati Berseri, Surakarta yang memukau dari penampilan dari anak yang berkebutuhan khusus hasil dari MBKM skim Proyek Kemanusiaan.

Program yang merujuk dari MBKM Kemendikbudristek yang diikuti oleh civitas akademika Institut Seni Indonesia Surakarta, baik dosen maupun mahasiswa terdapat dua jenis yakni MBKM yang dikelola langsung oleh Kemendikbudristek atau biasa disebut MBKM Merdeka Flagship serta MBKM yang dikelola secara mandiri oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta atau disebut MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta.

Dalam laporan kegiatan, Eko Sri Haryanto, M.Sn selaku Ketua MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Batch II Tahun 2024 menjelaskan bahwa program pada tahap kedua diikuti sekitar 100 mahasiswa dengan 4 (empat) skim Magang, Proyek Kemanusiaan, Riset/Proyek Independen, dan KKN Membangun Desa.

Selanjutnya menghasilkan luaran berupa Laporan Ilmiah dalam bentuk Logbook Harian, Laporan Kemajuan, Laporan Akhir, publikasi sosial media sejumlah 23 postingan. Selain itu berupa publikasi media sosial berjumlah 42 akun IG kegiatan tim maupun perorangan.

Juga luaran berupa 26 draft Artikel Ilmiah, Hak Kekayaan Intelektual, berupa Hak Cipta 34 (granted), Desain Industri 5 (submit, karena butuh waktu kurang lebih 1 tahun), serta rekognisi larya oleh mitra sebanyak buah, serta kerjasama berupa MoU, MoA, dan AI sejumlah 136 dokumen. 

Menurut Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum. selaku Dekan FSRD ISI Surakarta menyambut baik kegiatan yang bisa menambah kompetensi mahasiswa serta jejaring kampus, serta juga berbagai masyarakat luas dalam sambutannya.

Swatantra Fest ini diselenggarakan di dua lokasi, yakni Lab Terpadu Multimatra SBSN dan Gedung 5 Kampus Mojosongo FSRD ISI Surakarta ini menghadirkan peserta dari luar kampus baik mitra kerjasama, siswa dan guru baik dari MGMP Seni Budaya Kabupaten Sragen dan Surakarta, selain juga siswa  dan guru dari SMK DKV Marsudirini, Surakarta untuk mengikuti beragam workshop yang diadakan selama dua hari pelaksanaan.

Menurut Ketua Pelaksana Swatantra Fest, Basnendar Herry Prilosadoso, M.Ds dalam rilisnya menyebutkan bahwa event ini, juga diikuti ratusan siswa dari SD MT Masaran, Sragen dan SD Negeri Mojosongo V Surakarta untuk beraktivitas menonton screening film dan menggambar massal di lokasi event kreatif berlangsung. (Sofyan)

Baca juga: Puncak HUT ke-31 SMA Negeri 1 Manyaran Dimeriahkan dengan Pentas Seni Siswa


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top