Kunjungan Kerja Mahasiswa Akuntansi UNIBA ke Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Tengah, Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Print Friendly and PDF

Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi semester tiga Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, melakukan kunjungan kerja ke Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Tengah.


Kunjungan Kerja Mahasiswa Akuntansi UNIBA ke Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Tengah, Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Solo- majalahlarise.com -Sebanyak 25 mahasiswa/i Program Studi Akuntansi semester tiga Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, melakukan kunjungan kerja ke Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Kuliah Laboratorium Akuntansi, bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa tentang profesi akuntan di dunia nyata. Senin (21/10/2024).

Dipimpin oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Ec. Dra. Hj. Istiatin, SE, MM, dan Kepala Program Studi S1 Akuntansi, Dimas Ilham Nur Rois, SE, M.Ak., rombongan disambut hangat oleh dua narasumber dari IAI, Dr. Yulianti, SE, SH, MBA, M.Si, Ak, CA, CPA, CFI., BKP-C, CGAA dan Dr. Ardiani Ika, SE, M.Si, Ak, CA. Mereka memberikan paparan mendalam tentang peran akuntan dalam berbagai sektor, serta pentingnya profesionalisme dan etika dalam dunia kerja.

Dalam kunjungan ini mahasiswa/i UNIBA diajak untuk berpartisipasi dalam diskusi interaktif yang melibatkan berbagai bidang kompetensi profesi akuntan. Hal ini memberikan wawasan tambahan bagi mahasiswa, khususnya tentang praktek kinerja akuntan di lapangan. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya mengenai berbagai tantangan yang dihadapi oleh akuntan di era digital saat ini.

Nathan Thomas, S.E., M.Ak., M.H., Ak., BKP, selaku dosen penginisiasi program ini, menyampaikan kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar siap terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus. "Kami ingin mahasiswa, meskipun masih di semester tiga, dapat memahami siklus dan praktek akuntansi secara menyeluruh. Bukan hanya sekadar belajar teori di kelas, tetapi melihat langsung bagaimana akuntansi diterapkan dalam perusahaan," ujar Nathan.

Tidak berhenti pada kunjungan ini, Nathan menambahkan pada bulan-bulan berikutnya, mahasiswa/i akan diajak mengunjungi perusahaan dagang dan manufaktur. Tujuannya adalah untuk melihat siklus akuntansi dagang-manufaktur secara langsung, guna memperkuat pemahaman mereka tentang konsep akuntansi yang dipelajari di kelas.

Acara kunjungan ini ditutup dengan penyerahan plakat sebagai tanda terima kasih dari Universitas Islam Batik Surakarta kepada Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Tengah atas kesediaan mereka menerima kunjungan dan memberikan ilmu yang sangat berharga bagi para mahasiswa.

"Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja dan menjadikan mereka lebih terampil dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di bangku perkuliahan," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: "Batman" Sambut Kepulangan Jokowi ke Kampung Halaman, Sampaikan Pesan Pembangunan dan Toleransi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top