Lomba MAPSI ke-25 Tingkat SD se-Kabupaten Wonogiri Resmi Dibuka di Baturetno

Print Friendly and PDF

Penampilan salah satu peserta cabang lomba musik rebana.

Lomba MAPSI ke-25 Tingkat SD se-Kabupaten Wonogiri Resmi Dibuka di Baturetno

Wonogiri- majalahlarise.com -Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islam (MAPSI) ke-25 tingkat SD se-Kabupaten Wonogiri resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Drs. Sriyanto, MM, mewakili Bupati Wonogiri. Dengan tema Merajut Kebersamaan Meraih Prestasi Menuju Indonesia Maju, acara ini diikuti oleh 850 peserta yang mewakili 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Sabtu (5/10/2024) di Kecamatan Baturetno. 

Dalam acara pembukaan yang berlangsung meriah ini hadir jajaran Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Pejabat Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Forkompincam Baturetno, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan, pengawas SD/TK, K3S SD Wonogiri serta para peserta lomba dan tamu undangan.

Drs. Sriyanto, MM, saat ditemui usai membuka acara menekankan pentingnya lomba MAPSI dalam membentuk karakter anak-anak yang berintegritas dan cinta nilai-nilai Islami. "Lomba ini tidak hanya membekali anak-anak dengan karakter yang baik, tetapi juga diharapkan mampu membawa nama Kabupaten Wonogiri berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional," ujarnya.

Jajaran Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Pejabat Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Forkompincam Baturetno, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan, pengawas SD/TK, K3S SD Wonogiri serta para peserta lomba dan tamu undangan.


Baca juga: Melalui Media Pop Up Sebagai Tugas Harian DKV ISI Surakarta Pamerkan Beragam Sejarah Tipografi

Ia juga menambahkan ajang MAPSI ini menjadi strategi yang tepat dalam membekali generasi muda menghadapi tantangan di era digital, khususnya dalam menangkal dampak negatif media sosial. "Kegiatan ini sangat penting untuk menyeimbangkan perkembangan ilmu dan teknologi dengan nilai-nilai religius," tambahnya.

Ketua panitia, Suparman, menjelaskan lomba MAPSI tahun ini mempertandingkan berbagai cabang lomba seperti wudhu dan salat, kaligrafi, TIK Islami, PAI dan BTQ, duet lagu religi, khat Al Quran, cerita Islami, serta musik rebana. Pemenang pertama dari setiap cabang lomba akan mewakili Kabupaten Wonogiri dalam lomba MAPSI tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kudus pada 8-10 November 2024 mendatang.

Camat Baturetno, Drs. Nur Eko Haryono, MM, yang mewakili Forkompincam, juga menyampaikan selamat datang kepada para peserta dan berharap lomba MAPSI ini dapat menjadi tolak ukur penerapan pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar. 

Lomba MAPSI ke-25 ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kemampuan akademis dan seni Islami, tetapi juga untuk mencetak generasi yang unggul, beriman, bertakwa, serta berkarakter mulia.

"Kami berharap melalui lomba ini, anak-anak kita termotivasi untuk terus meningkatkan kompetensi diri dan menanamkan kebiasaan baik yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman," tuturnya. (Sofyan)

Baca juga: BEM KM UNISRI Gelar Aksi Mimbar Bebas Bertajuk "September Hitam"



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top