Lomba Membuat dan Menghias Tumpeng Meriahkan Puncak HUT ke-31 SMA Negeri 1 Manyaran

Print Friendly and PDF

Tim juri saat menilai lomba membuat dan menghias tumpeng.

Lomba Membuat dan Menghias Tumpeng Meriahkan Puncak HUT ke-31 SMA Negeri 1 Manyaran

Wonogiri- majalahlarise.com -Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 SMA Negeri 1 Manyaran berlangsung meriah dengan digelarnya lomba membuat dan menghias tumpeng antar kelas. Sebanyak 12 kelas ikut serta dalam kompetisi yang digelar pada Senin (7/10/2024) ini. Tumpeng, yang memiliki makna filosofis sebagai simbol kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dan ungkapan rasa syukur, menjadi pusat perhatian dalam acara ini.

Koordinator lomba, Wanti Kurniasih, menyampaikan tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menghias dan menyusun tumpeng. “Selain sebagai bentuk pelestarian budaya, lomba ini juga memberikan pengalaman kepada siswa dalam menghias tumpeng yang nantinya akan dikonsumsi bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan kegiatan ini telah menjadi tradisi rutin dalam setiap perayaan ulang tahun sekolah. Kriteria penilaian dalam lomba ini mencakup penampilan, kebersihan, komposisi gizi, dan rasa. "Dengan kriteria tersebut, para siswa diharapkan tidak hanya menghasilkan tumpeng yang menarik, namun juga sehat dan enak untuk dinikmati," ungkapnya.

Ketua panitia HUT, Christus Pharus Wahyu CP, menambahkan lomba menghias tumpeng diadakan sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya dan mempererat kebersamaan di antara para siswa. “Setelah dinilai, tumpeng ini akan dimakan bersama sebagai bentuk syukur dan kebersamaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Budiono, saat ditemui menuturkan acara puncak HUT kali ini juga menampilkan berbagai potensi siswa yang merupakan hasil kolaborasi dari seluruh kegiatan pembelajaran.

“Harapannya, prestasi yang sudah dicapai saat ini bisa terus ditingkatkan di masa mendatang, dan potensi-potensi lain yang belum terlihat bisa muncul dan berkembang lebih baik lagi,” tutur Budiono. (Sofyan)

Baca juga: FSRD ISI Surakarta Hadirkan Dua Profesor dari Jepang dalam Kuliah Umum


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top