LPPMP UNS Capai Target 37 Program Studi Terakreditasi Internasional, 81 Program Studi Terakreditasi Unggul, dan 49 Terakreditasi A

Print Friendly and PDF

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS selenggarakan kegiatan workshop bertajuk “Evaluasi Proses Akreditasi Nasional” (Foto: Dokumen Pribadi LPPMP UNS).


LPPMP UNS Capai Target 37 Program Studi Terakreditasi Internasional, 81 Program Studi Terakreditasi Unggul, dan 49 Terakreditasi A

Solo- majalahlarise.com -Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS selenggarakan kegiatan workshop bertajuk “Evaluasi Proses Akreditasi Nasional” pada tanggal 16-17 Oktober 2024 di Aula lantai 4 Gedung Haris Mudjiman LPPMP UNS. Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Sarwanto, M.Si. sekaligus sebagai Kepala LPPMP UNS dan Dr. Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum. sekaligus sebagai Kepala Unit Akreditasi Nasional dan Internasional yang dimoderatori oleh dr. Veronica sekaligus kasi SPME LPPMP UNS. Kegiatan tersebut mengundang wakil dekan akademik, ketua program studi, ketua unit penjaminan mutu (UPM) Fakultas dan Sekolah Vokasi di lingkungan UNS. Selain itu juga melibatkan semua tendik yang mendukung kegiatan akreditasi nasional dan internasional di lingkungan LPPMP UNS.

Kegiatan evaluasi proses akreditasi ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi semua proses perencanaan, penyiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut kegiatan akreditasi nasional yang dilakukan selama tahun 2024, (2) melakukan diskusi dan berbagi pengalaman antarwakil dekan bidang akademik, ketua program studi, ketua upm, korbid SPME, dan tendik yang telah terlibat proses akrditasi, (3) mendindaklanjuti semua kekurangan yang telah dilakukan proses akreditasi tahun 2024, dan (4) merencanakan kegiatan untuk meingkatkan peringkat akreditasi 202 program studi yang dimiliki oleh UNS. 

Perlu diketahui LPPMP UNS saat ini memiliki 202 dan telah mencapai target 37 Program Studi Terakreditasi Internasional, 81 program studi Unggul dan 49 Program studi terakreditasi A. Program studi dengan rincian capaian akreditasi sebagai berikut: Akreditasi Internasional: 37, Peringkat Unggul: 81, Peringkat A: 49, Peringkat Baik Sekali: 16, Peringkat B:23, Peringkat Baik: 22, Terakreditasi Sementara: 1, Prodi Baru terakreditasi: 10 sehingga total 202 prodi. Dengan demikian semangat supertim akreditasi LPPMP UNS terus dibangun dan disemangati bersama dengan tagline: LPPMP UNS: Unggul dan Bersineri.

Dalam kegiatan tersebut, Sarwanto sebagai pembicara pertama menegaskan “Prodi-prodi yang sudah unggul harus terus melakukan kegiatan yang mendukung dan menguatkan keunggulan program studi lima tahun ke depan untuk menuju ke akreditasi internasional”. Sementara itu, Muhamad Rohmadi sebagai narasumber kedua menyampaikan hasil evaluasi akreditasi nasional tahun 2024 bahwa “Semua wakil dekan akademik, kaprodi, ketua UPM, Korbid SPME, dan tendik harus terus membangun supertim untuk dapat menjaga keunggulan program studi. Selain itu sebagai mitigasi program studi, harus dilakukan kegiatan-kegiatan internasional dan nasional berbasis Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mendukung keunggulan program studi” Lebih lanjut ditegaskan bahwa Progam studi harus terus menjalin kerja sama nasional dan internasional lima tahun ke depan untuk mewujudkan peringkat akreditasi nasional UNGGUL dan Akreditasi Internasional.

Kegiatan workshop evaluasi akreditasi UNS diakhiri dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada Kaprodi dan Supertim Dosen Program Studi atas prestasinya mengantarkan prodinya meraih peringkat akreditasi UNGGUL. Dengan demikian, prodi-prodi di UNS harus terus bergerak dan mendukung peningkatan kualitas program studi dengan mitigasi program peningkatan dan penguatan data-data pada pemutu.kemdikbud.go.id, pddikti.kemdikbud.go.id, dan semua kelengkapan unsur yang tercakup dalam 9 kriteria instrumen akreditasi BAN PT dan LAM. Semoga LPPMP UNS terus dapat mengawal program studi menuju peringkat Unggul dan Internasional secara bertahap dengan supertim LPPMP UNS yang UNGGUL & BERSINERGI. (Sofyan)

Baca juga: Workshop Penulisan Soal Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang Holistik Integratif



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top