Malvin Damario Arkananta Terpilih Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Periode 2024/2025

Print Friendly and PDF

Kepala SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Tri Winarni, S.Pd saat memberi sambutan sekaligus membuka musyawarah Ranting.


Malvin Damario Arkananta Terpilih Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Periode 2024/2025

Solo- majalahlarise.com -Malvin Damario Arkananta terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMP Muhammadiyah 7 Surakarta periode tahun 2024-2025 berdasarkan hasil musyawarah Ranting yang diselenggarakan Selasa (1/10/2024). Sedangkan Sekretaris Umum dijabat Gantari Bumi Nirwasita dan Bendahara Umum  Anindya Maheswari Nugroho Putri.

Dalam musyawarah Ranting yang dihadiri Pimpinan Daerah IPM Kota Surakarta, Pimpinan Cabang IPM kecamatan Jebres, pengurus Pimpinan Ranting IPM lama, perwakilan siswa kelas 7, 8, 9 ini disampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus IPM periode 2023-2024 dilanjutkan para calon formatur menyampaikan visi dan misi dan dilaksanakan pemilihan. 

Kepala SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Tri Winarni, S.Pd saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan sebelum digelarnya musyawarah Ranting IPM diadakan sosialisasi diikuti kelas 7, 8 dan 9 yang dijembatani oleh Pimpinan Cabang IPM selama dua hari. 

"Sebelumnya lewat kegiatan P5 kita juga mengadakan sosialisasi dengan tema suara demokrasi memberi pemahaman demokrasi kepada para siswa. Diakhiri puncaknya musyawarah ranting diselenggarakan oleh Ranting IPM SMP Muhammadiyah 7 Surakarta bekerja sama PC IPM dan PD IPM," ucapnya.

Para peserta musyawarah Ranting IPM SMP Muhammadiyah 7 Surakarta.

Baca juga: Desa Karang Miliki Kurator Film Desa, Menumbuhkan Ekosistem Perfilman Berbasis Lokalitas

Lebih lanjut dikatakan melalui kegiatan musyawarah Ranting ini anak-anak belajar mengekspresikan pendapat mereka serta berlatih tentang organisasi terutama tentang kepemimpinan. "Harapannya setelah mereka cukup dewasa dan terjun ke masyarakat anak-anak menjadi pemimpin minimal menjadi teladan bagi teman-teman sekitar di lingkungan sekolah," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Ranting IPM Muhammadiyah 7 Surakarta periode lama Ivana Adelia Tsany menjelaskan musyawarah Ranting ini bertujuan untuk membentuk kepengurusan periode baru tahun 2024-2025. Musyawarah ini calon formatur akan menyampaikan visi dan misi di depan anggota kemudian dipilih.

"Harapan saya ke depannya tetap melaksanakan terus-menerus di setiap tahun, program kerja terlaksana dengan baik dari periode sebelumnya, teman-teman yang terpilih dalam calon formatur harus bertanggung jawab amanah yang telah diberikan," tuturnya.

Pembina IPM SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Fitriani Hermawanti, S.S menjelaskan musyawarah ranting pemilihan Pimpinan Ranting IPM baru pertama kali diselenggarakan di sekolah ini yang sebelumnya dilaksanakan pemilihan secara langsung oleh semua siswa dan guru. 

"Kalau sebelumnya itu pelaksanaan seperti pemilihan umum ketua OSIS yang lingkupnya hanya sekolah. Tahun ini formatnya diganti dengan musyawarah mufakat sehingga lingkup IPM lebih luas," ucapnya. 

Pimpinan Daerah IPM Kota Surakarta Jody Julian Putra Caesar menerangkan banyak manfaat yang diperoleh ketika mengikuti organisasi yakni banyak ilmu yang diperoleh selain ilmu yang ada di bangku sekolah.  

"Ketika hidup di masyarakat akan mengalami dinamika di organisasi sehingga ketika terjun di masyarakat sudah terbiasa. Ketika kita berorganisasi akan melatih jiwa mental jadi pemimpin yang baik," tuturnya. (Sofyan)

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Jalin Jejaring dengan SD Al Ikhlas Jakarta dan British Council


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top