Peringati Hari Batik Nasional dan Penanaman Jiwa Wirausaha Sejak Dini, MI Al Kahfi Manyaran Gelar Market Day

Print Friendly and PDF

Kegiatan market day memperingati hari batik nasional di MI Al Kahfi Manyaran.



Peringati Hari Batik Nasional dan Penanaman Jiwa Wirausaha Sejak Dini, MI Al Kahfi Manyaran Gelar Market Day

Wonogiri- majalahlarise.com -Memperingati Hari Batik Nasional dan menanamkan jiwa wirausaha kepada siswa sejak dini, MI Al Kahfi Manyaran menyelenggarakan kegiatan Market Day. Acara yang diadakan di halaman sekolah tersebut diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 serta para guru mengenakan pakaian bermotif batik. Rabu (2/10/2024). 

Koordinator kegiatan, Kasto, S.Pd.I, mewakili Kepala MI Al Kahfi Manyaran, Siti Wahyuni, S.Pd menjelaskan kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperingati Hari Batik, tetapi juga mengajarkan para siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif.

 “Market day ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar bernalar kreatif dan inovatif. Selain itu, kami ingin menumbuhkan semangat kewirausahaan atau entrepreneurship sejak dini,” ujarnya.

Salah satu stand produk jualan siswa di market day.


Lebih lanjut, Kasto menyampaikan diadakannya kegiatan Market Day ini berharap MI Al Kahfi Manyaran bisa terus memberikan pendidikan yang seimbang antara pengetahuan akademik dan keterampilan praktis, termasuk menumbuhkan semangat kewirausahaan kepada generasi muda sejak dini. 

"Kegiatan ini juga menjadi wujud nyata dalam memperingati Hari Batik mengingatkan para siswa akan pentingnya melestarikan budaya bangsa melalui busana.

Salah satu siswa kelas 6, Dean Aprianto Wibowo, mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Bersama kelompoknya, ia menjual berbagai produk makanan seperti nasi goreng, nasi kuning, resol mayo, dan dimsum. 

"Saya sangat senang bisa ikut belajar marketing dan bersosialisasi. Harapannya, semua siswa bisa belajar bersosialisasi dengan baik dan mengembangkan jiwa wirausahanya," ungkap Dean.

Antusiasme yang sama juga dirasakan oleh Afika Rahmawati, siswa kelas 6 yang merasa bangga karena dagangannya laris manis. "Alhamdulillah, produk yang saya jual bersama teman-teman terjual habis. Kami menjual nasi goreng, nasi uduk, klepon, dan berbagai makanan lainnya. Semoga tahun depan acara ini semakin meriah dan lebih sukses," katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top