Perluas Jaringan Program Studi Desain Interior ISI Surakarta Jalin Kemitraan MBKM dengan PT Rupa Raya Indonesia dan Marumori dari Jepang

Print Friendly and PDF

Program Studi Desain Interior ISI Surakarta Jalin Kemitraan MBKM dengan PT Rupa Raya Indonesia dan Marumori dari Jepang.


Perluas Jaringan Program Studi Desain Interior ISI Surakarta Jalin Kemitraan MBKM dengan PT Rupa Raya Indonesia dan Marumori dari Jepang

Solo- majalahlarise.com -Kebijakan MBKM (Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka) dilaksanakan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga perguruan tinggi dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. 

Kebijakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri, serta untuk mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja sejak awal. Lebih lanjut kebijakan MBKM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Salah satu kegiatan MBKM Magang adalah memperluas kerjasama dengan mitra agar lulusan siap untuk terjun ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). 

Tahun 2024 ini merupakan kali ketiga FSRD ISI Surakarta menyelenggarakan MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta. Setiap tahun mahasiswa yang berminat semakin bertambah, demikian juga dengan jumlah mitra MBKM, semakin besar dan semakin jauh jangkauannya, hal tersebut tidak lepas dari keberhasilan MBKM Mandiri FSRD yang diselenggarakan sebelumnya.


Baca juga: Pragmatik dan Pembelajaran Pragmatik sebagai Mitigasi Berbicara yang Kurang Baik dan Santun dalam Berkomunikasi Multigenerasi NKRI

Senin, 30 September 2024 di Ruang Rapat FSRD ISI Surakarta menerima kunjungan dari dua mitra magang sekaligus, yakni Bustanil Yasir CEO PT. Rupa Raya Indonesia dari Makassar dan Mr. Mori Takuma CEO Marumori Company Co. Ltd dari Jepang. Kunjungan tersebut disertai pula dengan MOU, MOA dan IA. 

Bustanil Yasir menyatakan periode sebelumnya terdapat dua mahasiswa ISBI Sulawesi Selatan yang sudah bergabung dengan Mitra di PT. Rupa Raya Indonesia. Fokus PT. Rupa Raya Indonesia pada pembinaan generasi muda, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan budaya. Beliau berharap semoga ke depan dengan adanya kerjasama tersebut kegiatan yang dilakukan dengan ISI Surakarta yang lebih baik dan lebih banyak. 

Mr. Mori Takuma juga menyatakan sangat terkesan dengan ISI Surakarta, harapan ke depan ada kerjasama yang lebih banyak antara Company Co. Ltd Jepang siap bekerja sama dengan ISI Surakarta. 

"Sumber daya manusia Indonesia memiliki banyak kelebihan akan tetapi harus ada beberapa hal yang harus berubah, yaitu kesadaran kita sebagai manusia dan memperhatikan hal-hal yang kelihatannya kecil dan sederhana tapi sangat mendasar, yakni karakter," tuturnya.

Harapan Mori untuk mahasiswa setelah selesai kuliah siap menjadi tenaga bekerja dimanapun berada. 

Koordinator MBKM Mandiri FSRRD ISI Surakarta Eko Sri Haryanto mengucapkan banyak terima kasih atas diterima mahasiswa Prodi desain Interior ISI Surakarta di agang di PT. Rupa Raya Indonesia dan Company Co. Ltd Jepang. 

Tim MBKM perlu masukkan mitra untuk membangun prodi agar kedepannya lebih baik. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ahmad Fajar Ariyanto, M. Sn menyambut baik kerja sama tersebut, Fajar juga menyampaikan ISI Surakarta perlu mengadopsi strategi dari PT. Rupa Raya Indonesia dengan beradaptasi perkembangan dunia kerja dan dunia industri, masukan dari mitra sangat bermanfaat terkait pengembangan kurikulum berbasis OBE yang nantinya dapat diterapkan di ISI Surakarta khususnya di lingkungan FSRD. (Sofyan)

Baca juga: Inagurasi PKKMB 2024 Univet Bantara Dimeriahkan Penampilan Guest Star Baby Ska, Reog dan DJ Prabaswara


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top