Permudah Pembelajaran Perbankan di Sekolah, UHW Perbanas Siapkan Aplikasi Berbasis Website untuk Guru

Print Friendly and PDF

Evi Sistiyarini, S.E., M.M., (dua dari kiri) menyerahkan secara simbolik Aplikasi Bank MGMP kepada Ketua MGMP Akuntansi dan Perbankan Surabaya, Abdul Hadi, S.Pd., M.Ak., (dua dari kanan), Kamis (10/10) di UHW Perbanas.


Permudah Pembelajaran Perbankan di Sekolah, UHW Perbanas Siapkan Aplikasi Berbasis Website untuk Guru

Surabaya- majalahlarise.com -Kabar gembira kini dirasakan oleh segenap guru yang mengajar materi perbankan di sekolah. Pasalnya, Tim Dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas telah menyiapkan aplikasi pembelajaran perbankan berbasis website. Aplikasi tersebut dirancang khusus untuk para pendidik yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi dan Perbankan Kota Surabaya. 

Ketua Tim Dosen UHW Perbanas, Evi Sistiyarini, S.E., M.M., mengatakan hal yang mendasari aplikasi tersebut diluncurkan karena guru pengampu mata pelajaran bidang perbankan sering mengalami kendala dalam pembelajaran terkait pembukuan transaksi, utamanya karena belum ada perangkat lunak yang bersifat online. Selain itu, ada sekolah yang memiliki laboratorium perbankan tetapi tidak maksimal dipergunakan karena jaringan masih bersifat Local Area Network (LAN).

“Jadi aplikasi perbankan berbasis website menjadi jawaban atas keterbatasan tersebut, sehingga guru-guru dapat mengakses secara online kapanpun dan dimanapun dengan koneksi internet,” paparnya disela kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perbankan berbasis website kepada guru MGMP Akuntansi dan Perbankan Surabaya, Kamis (10/10).

Sebelum diterapkan kepada siswa, Tim Dosen UHW Perbanas juga memberikan pembekalan dan pendalaman materi kepada para guru. Evi menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan sistem pengoperasian aplikasi perbankan, mulai dari cara membuat kelas, memasukkan data siswa, hingga membuat token untuk pertama kali transaksi. 

Baca juga: Mahasiswa UMS Lakukan Penelitian tentang Pembiasaan Hidup Bersih di SD Muh PK Banyudono

”Di sini (UHW Perbanas), pemahaman bapak ibu guru juga diperdalam mengenai materi jenis-jenis transaksi yang ada di setiap bagian front office dan back office. Termasuk cara menginput transaksi sekaligus membaca hasil laporan keuangan yang ada di aplikasi perbankan,” jelasnya.

Aplikasi perbankan bernama Bank MGMP sudah memiliki fungsi sebagai bank konvensional dan bank Syariah. Nantinya, para guru juga bisa menerapkan dalam pembelajaran sesuai dengan program maupun kurikulum yang diterapkan oleh sekolah. Aplikasi perbankan ini juga diserahkan langsung oleh Tim Dosen UHW Perbanas kepada MGMP Akuntansi dan Perbankan Kota Surabaya.

Sementara itu, Ketua MGMP Akuntansi dan Perbankan Surabaya, Abdul Hadi, S.Pd., M. Ak.,mengaku bahwa aplikasi perbankan yang disampaikan sangat membantu untuk pengajaran kepada siswa. Lanjut Hadi, aplikasi perbankan semacam ini belum ada di sekolah sehingga sangat mendukung fasilitas operasional perbankan. Bahkan, selama ini pihaknya masih menggunakan aplikasi sederhana seperti Excel untuk membuat bukti kwitansi, setoran, dan lainnya. 

”Di sini (aplikasi perbankan), kami dikenalkan aplikasi yang isinya tabungan nasabah biasa, tabungan giro, tabungan lembaga, tabungan individu sampai dengan proses kliring hingga transfer. Ini relevan dengan pembelajaran dan pengetahuan terkini terkait perbankan,” rincinya.

Pihaknya pun berharap, kegiatan pelatihan dan pengembangan pembelajaran terus ada keberlangsungan dan menjembatani guru meningkatkan kompetensi siswa. “Jadi, kita nanti terus ada kolaborasi dari guru, dosen, maupun perguruan tinggi, hingga pihak industri. Semuanya bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan,” harapnya.

Untuk diketahui, aplikasi perbankan yang disampaikan kepada kelompok guru tersebut sebagai bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat program hibah dari kemeterian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi tahun 2024. Adapun tim yang melaksanakan program tersebut, yaitu Evi Sistiyarini, S.E., M.M. (Ketua), Dr. Drs. Emanuel Kritijadi, M.M., dan Nura’ini Rokhmania, S.E., M.Ak. (Sofyan)

Baca juga: Hadirkan Narasumber Profesional dalam Creative Talkshow Swatantra Fest MBKM Mandiri FSRD ISI Surakarta Batch II 2024


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top